|
Menu Close Menu

Disdik Harus Tertibkan Bisnis Berkedok Outing Class di Sekolah

Sabtu, 18 Januari 2020 | 21.13 WIB

inijabar.com, Kota Bekasi-  Peneliti PUKAT (Pusat Kajian Anti Korupsi) Fakultas Hukum UGM. Zaenur Rochman dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi inijabar.com menyatakan, terkait program outing class yang dijadikan ajang bisnis di sekolah tidak hanya terjadi di Kota Bekasi.

Menurut Zaenur, pihak Dinas Pendidikan Kota Bekasi yang punya kewenangan untuk menertibkan sekolah-sekolah yang mengadakan program outing class yang cenderung dijadikan sarana bisnis oknum di sekolah.

Dirinya mengaku sempat membaca ramainya pemberitaan kasus yang terjadi di SMPN 1 Kota Bekasi. Kasus seperti itu, kata dia, juga terjadi di beberapa sekolah di tanah air.

"Dan ini menjadi contoh buruk betapa bisnis berjudul outing class menjalar ke sekolah lain."tuturnya. Sabtu (18/1/2020).

Outing Class biasanya dilakukan menjelang akhir Semester ganjil banyak sekolah setingkat SMP mengadakan piknik untuk siswa kelas 7 dan 8 yang berkedok outing class, modus tersebut demi melancarkan ijin dari Dinas Pendidikan dan kepercayaan orang tua murid itu sendiri.

Istilah outing class sendiri artinya adalah belajar diluar kelas bukan piknik belaka, harus ada yang dihasilkan dari outing class tersebut.

Zaenur menyatakan, pihak sekolah sebaiknya jujur saja, kalau mau mengadakan piknik ya piknik saja jangan disebut outing class belaka, belajar di luar kelas itu artinya luas dan hasil dari outing class tersebut seperti apa, apalagi kegiatan outing class tersebut harus merogoh kocek orang tua siswa sampai ratusan ribu rupiah.

“Jangan lah sampai memberatkan orang tua murid hanya untuk mendapatkan kelebihan dari kegiatan tersebut.”tulis Zaenur dalam email nya.

"Kepala Disdik juga harus lebih selektif dalam memberikan ijin kepada sekolah yang akan mengadakan outing class, hendaknya ditelaah terlebih dahulu, apa itu manfaat dan sisi negatif nya dari kegiatan tersebut, sebab pihak sekolah cukup piawai dalam membungkus kegiatan tersebut, sehingga terkesan outing class tersebut cukup rapi dengan siswa diberikan tugas belajar untuk hasil outing class tersebut,"pungkasnya.(*)
Bagikan:

Komentar