Total 19 Orang Positif Covid 19 di Subang

Redaktur author photo

inijabar.com, Subang- Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, dr. Maxi mengungkapkan, setelah melakukan hasil tes Swab, Satu pasien yang dinyatakan positif bertambah 1 orang jadi total 19 orang.

Pasien itu, kata dia, merupakan seorang tenaga medis perempuan, Dan dua orang meninggal serta 16 orang masih dalam perawatan.

“Saat ini kita akan melakukan pembahasan. Apakah yang bersangkutan akan dirawat di ruang Isolasi Alamanda RSUD Subang atau diisolasi mandiri dengan pengawasan,” ucapnya pada media. Kamis (30/4/2020).

Selain itu, Maxi juga menjelaskan, adanya lonjakan yang cukup signifikan tersebut, dari hasil rapid tes yang dilakukan secara mandiri, baik perorangan atau perusahaan. Data yang ia terima, jumlah rapid tes positif Covid-19 bertambah dari sebelumnya hanya 20 orang menjadi 56 orang, ada penambahan 36 orang, 

“Saat ini dari 56 orang hasil rapid tes positif, 30 orang sudah menjalani tes swab selanjutnya besok 26 orang akan dites swab susulan,” jelasnya.

“Mereka 56 orang hasil rapid tesnya positif pun saat ini telah mengisolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan pengawasan gugus tugas Covid-19. Sampai menunggu hasil tes Swab kedua ,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi penularan corona secara masif, lanjut dia, pihaknya selangkah lebih maju untuk melakukan tracing bagi keluarga, ataupun siapapun yang melakukan kontak erat langsung dengan pasien yang hasilnya rapid tes positif Covid-19,

“Dengan adanya hasil rapid tes positif tersebut, diharapkan masyarakat tidak mengucilkan mereka, tapi sebaliknya memberikan semangat kepada mereka, karena hasil rapid tes bukan mendiagnosa seseorang terpapar Covid-19. Saya ingatkan lagi ke masyarakat Subang jangan panik tapi juga harus tetap waspada,” terangnya.

Ketika nanti adanya lonjakan pasien positif Corona, lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan beberapa skema penanganan,

“Yang kita akan lakukan yang pasti gedung eks Akper Subang tetap digunakan. Adanya penambahan ruang isolasi di RSUD Subang, tidak hanya alamada nanti kita siapkan ruangan lainnya. Bilamana kurang, kita siapkan alternatif asrama haji,” paparnya. 

Per hari ini, ditambahkan dia, dari total 34 Pasien dalam pengawasan (PDP) telah selesai 26 orang. 21 orang selesai pengawasan sembuh, diantaranya 19 orang dari Subang dan 2 orang dari luar Subang. Kemudian yang meninggal dunia 5 orang. Saat ini masih dalam pengawasan 8 orang di isolasi di RSUD Subang.

“Untuk jumlah Orang Dalam Lemantauan (ODP) dari total 4.471 orang selesai pemantauan 3.519 orang dan meninggal 1 orang. Saat ini masih dalam pemantauan 952 orang,”pungkasnya.(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini