Objek Wisata Ayunan Pelangi Desa Jatimulya Diresmikan Wagub Jabar

Redaktur author photo


inijabar.com, Kuningan- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan objek wisata Ayunan Pelangi, di Desa Jatimulya Kecamatan Jatimulya, Kabupaten Kuningan, Sabtu (15/8/2020). 


Uu pun mengapresiasi inisiasi Desa Jatimulya dalam membangun objek wisata tersebut. Menurutnya, hal itu sudah sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah Provinsi Jabar dalam mendorong pembangunan Desa Mandiri, salah satunya melalui pemberdayaan potensi-potensi wisata. 


Selain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa), pengembangan potensi wisata desa juga akan berimbas pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 


"Intinya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa, meningkatkan PAD desa, karena otomatis PAD desa meningkat, maka IPM pun akan meningkat. IPM desa meningkat, berarti IPM provinsi pun akan meningkat," ucapnya.


"Jadi desa ini (Jatimulya) sudah sejalan dengan Pemprov Jabar dalam meningkatkan PAD dan juga untuk wisata itu sendiri," tambahnya.


Pria yang akrab disapa Kang Uu juga berharap, objek wisata Ayunan Pelangi Desa Jatimulya ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya untuk mulai bergerak menjadikan desanya sebagai Desa Mandiri. 


Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar siap membantu pembangunan sarana dasar, seperti akses jalan dan fasilitas penunjang di lokasi objek wisata.


"Harapan kami juga desa ini harus dijadikan contoh bagi kepala desa yang lain untuk membangun potensi-potensi wisata yang ada di daerahnya masing-masing," ujar Kang Uu.


"Tinggal berkoordinasi dengan kami (pemerintah provinsi) untuk memberikan bantuan lewat sarana dasar, (seperti) jalan, tempat parkir, musola dan toilet, serta kedai-kedai untuk meramaikan potensi wisata," tuturnya. (Fii)

Share:
Komentar

Berita Terkini