Kades Cangkingan Bersama PMI Indramayu Gelar Donor Darah inijabar.com
|
Menu Close Menu

Kades Cangkingan Bersama PMI Indramayu Gelar Donor Darah

Selasa, 22 September 2020 | 20.43 WIB


inijabar.com, Indramayu — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indramayu bersama unsur Pemerintah Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder kembali menggelar agenda rutin donor darah, Selasa (22/9/2020).


Sebelum mendonorkan darahnya warga, wajib melakukan berbagai pemeriksaan untuk mengetahui layak atau tidak seseorang untuk mendonorkan darah. Dan setiap kantong darah yang terkumpul akan diuji terlebih di laboratorium untuk memastikan darah tersebut terbebas dari berbagai penyakit dan sebagainya, sehingga tidak berdampak buruk untuk orang lain.


Kegiatan tersebut dihadiri  Kapolsek Kedokanbunder Iptu Asep suryana, Bhabinkamtibmas Cangkingan Kasidi dan anggota Koramil Karangampel.


"Agenda donor darah rutin kami adakan tiga bulan sekali sebagai salah satu program sosial kabupaten indramayu khsusnya di Pemerintahan Desa Cangkingan ini," tutur Kades Cangkingan Yudi.


"Donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap sesama yang membutuhkan darah. Rutinitas ini sudah berjalan jauh jauh hari,"imbuhnya.


Sementara Ketua PMI Mulya Setjadi mengatakan, setiap harinya PMI membutuhkan 60 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan instansi rumah sakit, dan bagi pasien yang membutuhkan darah sesuai golongannya.


Di tempat yang sama Kapolsek Kedokanbunder Iptu Asep mengatakan, mengingat kebutuhan darah cukup tinggi, maka kegiatan semacam ini sangat didukung. 


"Saya sangat dukung karena kebutuhan darah di Kabupaten Indramayu dalam satu tahun mencapai sekitar 20.000 labu. Untuk menutupi kebutuhan tersebut PMI terus melakukan acara donor darah dari berbagai kalangan. Termasuk, donor darah bagi keluarga pasien, "tandasnya.(sai)

Bagikan:

Komentar