Wabup Ciamis Terus Perjuangkan Bantuan Korban Gempa Pamarican Tahun 2017 Yang Belum Cair

Redaktur author photo


inijabar.com, Ciamis - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Dadang Darmawan menerima kunjungan dari Forum Peduli Gempa Pamarican (FPG-P) di ruang tamu Wakil Bupati Ciamis Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jum’at (18/9/2020).


Kunjungan yang dilaksanakan FPG-P dengan didampingi oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis membahas terkait Dana Bantuan untuk Korban Gempa yang tak kunjung cair sejak gempa yang terjadi pada tahun 2017 lalu.


Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, dalam waktu dekat Pemerintah kabupaten Ciamis melalui Bupati akan memerintahkan BPBD untuk menjadwalkan pertemuan antara FPG-P dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Pusat.


“Memang BNPB Pusat tidak memberikan bantuan untuk korban gempa wilayah Pamarican, kita akan upayakan pertemuan untuk menemukan penjelasan lebih jelasnya,” kata Yana.


Menurutnya, Ciamis akan berupaya dengan APBD-nya memberikan bantuan sesuai dengan aturannya. 


“Kita upayakan memberikan bantuan dari APBD dengan memperhatikan aturan yang berlaku, namun sebelum melakukannya akan melihat sejauh mana kemampuan BNPB Pusat untuk menyelesaikannya terkait bantuan yang tak kunjung cair tersebut,” jelas Yana..


Ia menerangkan, alasan ketelatan bantuan untuk korban terdampak gempa ada banyak versi, diantaranya adanya keterlambatan administrasi dari kabupaten sampai provinsi serta adanya anggaran pusat lebih dialokasikan dengan gempa di Palu.


“Pastinya kita dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi untuk memperjuangkan hak warga Pamarican yang belum mendapatkan bantuan gempa,” ucapnya


Sementara itu, Perwakilan dari FPP Pujiono mengucapkan terimakasih atas penerimaan Pemerintah Kabupaten Ciamis yang diterima langsung oleh Wakil Bupati untuk mendengar permasalahan yang disampaikan melalui Forum.


Ia menegaskan, warga masyarakat Pamarican yang terkumpul dalam FPP akan terus memperjuangkan hak korban gempa yang belum mendapatkan bantuan dampak gempa 2017 kemarin.


“Kita akan terus berupaya melakukan komunikasi dengan stakeholder terkait untuk memperjuangkan hak masyarakat yang terdampak gempa 2017. Kita pun akan melakukan audiensi dengan DPRD Ciamis untuk meminta kejelasan terkait tuntutan akan bantuan yang tak kunjung cair,” tegas Pujiono.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini