Bupati Ciamis Terima Penghargaan Apresiasi Proklim 2020

Redaktur author photo



inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meraih penghargaan Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020 dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI). 


Apresiasi tersebut diberikan pada Acara Penghargaan Proklim dalam rangka Puncak Festival Iklim Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual dan diikuti oleh kepala daerah se-Indonesia, Jum’at (23/10/2020). 


Diketahui, penghargaan tersebut sebagai apresiasi terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (Emisi Karbon) dan Pengendalian Perubahan Iklim pada tingkat tapak wilayahnya. Di Provinsi Jawa Barat, Bupati Ciamis adalah satu-satunya Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan tersebut.


Pada tahun sebelumnya, Bupati Herdiat dan Bupati Purwakarta juga memperoleh penghargaan Pembina Proklim terbaik tingkat Jawa Barat yang diserahkan pada peringatan Hari air Sedunia di Waduk jatiluhur Purwakarta.


Kepala Dinas DPRKPLH, Taufik Gumelar menjelaskan melalui press rilis yang disampaikan kepada Humas Ciamis, Bupati Ciamis meraih penghargaan atas konsistensinya mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Pengendalian Perubahan iklim di tingkat tapak.


Lebih lanjut ia menerangkan, kebijakan yang terkait penurunan emisi gas rumah kaca tersusun pada RPJMD yang tertuang pada misi ke empatnya yaitu, pemanfaatan sumber daya alam berbasis pembangunan berkelanjutan.


Selanjutnya, dikeluarkannya SK Bupati diantaranya Surat Edaran Bupati Ciamis nomor: 660/299/DPRKPLH.04 tentang Pelaksanaan Program Kampung Iklim. SK Bupati Ciamis nomor: 660.1/Kpts.103-Huk/2020 Tentang penetapan lokasi Program Kampung Iklim di Kabupaten Ciamis tahun Anggaran 2020.


“Kabupaten Ciamis telah aktif mengikuti Program Proklim setiap tahunnya, tercatat sejak ikut serta dari tahun 2013-2020 Ciamis telah memperoleh penghargaan berupa trophy dan sertifikat di 10 lokasi termasuk diantaranya di 3 lokasi di tahun 2020,” ungkapnya.


Selain itu, ia juga mengungkapkan Ciamis telah meraih penghargaan Proklim Tahun 2020 di tiga lokasi yang disampaikan pada acara puncak proklim yang diikuti Bupati Ciamis tadi pagi.


“Tahun ini kita mendapatkan penghargaan Proklim di tiga lokasi diantanya Dusun Pasir Peuteuy Desa Pawindan Kecamatan Ciamis, Dusun Antralina Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti dan Dusun Pasirtamiang Tonggoh Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti,” terang Taufik.


Kadis DPRKPLH ini pun menambahkan, sampai tahun 2020 secara keseluruhan usulan Proklim Kabupaten Ciamis telah menghasilkan 28 Lokasi yang telah di verifikasi.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini