Herdiat Lepas 30 Peeerta Magang dari LPP Tridharma Kerjasama dengan Bumdes Ciamis inijabar.com
|
Menu Close Menu

Herdiat Lepas 30 Peeerta Magang dari LPP Tridharma Kerjasama dengan Bumdes Ciamis

Selasa, 13 Oktober 2020 | 14.24 WIB



inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menghadiri acara pelepasan peserta magang dari LPP Tridharma bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kabupaten Ciamis bertempat di Pendopo Bupati Ciamis. Selasa pagi (13/10/2020).


Peserta magang tersebut berjumlah 30 orang yang terdiri dari 22 orang pengurus Bumdes dan 8 orang lainya mahasiswa LPP Tridharma. 


Diketahui, ke 30 orang peserta tersebut telah dididik program kecakapan kerja selama 40 hari guna menunjang pengembangan Bumdes. 


PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara menyampaikan bahwa program magang ini adalah upaya mendukung dan menyukseskan pembangunan perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat.


“Pelepasan magang melalui kerjasama antara Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, LPP Tridharma, bersama Desa dan Asosiasi Bumdes Kab. Ciamis adalah bentuk upaya menguatkan perekonomian masyarakat dan desa,” ujar Ika.


Lebih lanjut ika menjelaskan program magang ini mendukung penertiban manajemen dan administrasai pengelolaan keuangan Bumdes, mengembangkan mitra kerjasama usaha Bumdes, dan meningkatkan Sumber Daya Manusia pengelola Bumdes itu sendiri.


Sementara itu Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan imbauan agar peserta magang dapat menciptakan terobosan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa.  


“Alangkah baiknya kalau kita bisa memanfaatkan dan menjual potensi yang ada melalui aplikasi atau secara online. Apalagi bisa berkolaborasi antar-Bumdes, tentu ini akan lebih cepat maju," ucap Herdiat.


Selain itu, beliau menyampaikan pesan kepada para kepala desa untuk tetap mendidik dan membimbing peserta magang. 


"Saya berpesan agar kepala desa dapat menyampaikan potensi desa, harapan kepala desa dan keinginan masyarakat setempat, " Ungkapnya. 


Herdiat juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) akan fokus terhadap pemberdayaan masyarakat. 


Serta mengimbau kepada para peserta magang untuk bisa bertanggung jawab dalam mengelola keuangan desa.


“Saya berfikir, ketimbang Pemda membagikan uang pada masyarakat dan belum jelas peruntukanya, akan lebih bermanfaat kalau kita membantu subsidi Bumdes yang ada untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi,” lanjut Herdiat. 


Herdiat mengharapkan di situasi pandemi ini, peserta magang dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi desa terutama di bidang pertanian.


"Kabupaten Ciamis terutama di bidang petanian masih stabil, saya berharap kepada kepala desa untuk memprioritaskan sektor pertanian terutama tanaman cepat panen," Tambahnya. 


Terakhir Herdiat mengingatkan kepada para peserta magang dan pihak desa untuk bekerjasama mengedukasi masyarakat tentag Covid-19 dan menyosialisasikan untuk tetap patuhi protokol kesehatan.

Bagikan:

Komentar