Rakor BPK Jabar, Wabup Ciamis, Bilang Siap Kooperatif dalam Laporan Kinerja Pemkab

Redaktur author photo



inijabar.com, Ciamis- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra  mengikuti kegiatan Meeting Pemeriksaan Kinerja dan Kepatuhan pada Pemerintah Daerah dan Instansi atas Penanganan Covid-19 Tahun 2020 melalui video Conference bertempat di Ruang Vidcon Sekertariat Daerah Ciamis. Rabu (21/10/2020).


Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat sebagai tindaklanjut tahapan pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya.


Diketahui laporan pemeriksaan kinerja dan kepatuhan pemerintah daerah tersebut merupakan tahapan ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan laporan pengumpulan data informasi dan Laporan Hasil Pendahuluan Kepatuhan Kinerja.


Sedangkan untuk laporan pemeriksaan terinci kepatuhan dan kinerja terkait penanganan covid 19  dimulai sejak tanggal 14 Oktober s.d 24 November 2020.


Dan diikuti oleh tiga (3) Kabupaten/Kota diantaranya Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut dan Kota Depok.


Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Barat Arman Syifa menjelaskan,  pemeriksaan serentak ini dilaksanakan di seluruh intansi di seluruh daerah Jawa Barat.

 

Tujuannya untuk menilai efektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kepatuhan secara terperinci mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan dalam penaganan pandemi Covid-19.


Arman menegaskan, terdapat empat sasaran pemeriksaan kepatuhan, yaitu Refocusing dan Realoksasi APBD, penanganan bidang kesehatan, penanganan bidang sosial dan terakhir penanganan dampak Ekonomi.


Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D putra menyambut baik kegiatan pemeriksaan terinci kinerja dan kepatuhan tersebut serta akan mempersiapkanya dengan sebaik-baiknya.

 

"Terkait pemeriksaan terinci kepatuhan dan kinerja kami siap untuk kooperatip. Serta akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya" Ungkap Yana. 


Dalam kesempatan tersebut yana menyampaikan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 untuk Kabupaten Ciamis setiap harinya terus bertambah.


"Untuk data saat ini yang terkonfirmasi positif secara keseluruhan sebanyak 165 orang dengan 110 orang sembuh, 44 orang isolasi mandiri, 3 orang dirawat dan 8 orang meninggal dunia," tuturnya.


Selain itu Wabup Yana melaporkan untuk Kabupaten Ciamis pelaksanaan TCR sudah mencapai 12.584 orang dari total keseluruhan 1,4 Juta  dan telah mendekati 1 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Ciamis.


Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Ciamis, Pj Sekda Kab. Ciamis, Kepala BPBD, Kepala  Dinas Kesehatan, Kepala Inspektorat, Direktur Utama RSUD Ciamis serta  Kepala BPKD Kabupaten Ciamis.

Share:
Komentar

Berita Terkini