Duh, Bupati Ciamis Bilang LGBT Bukan Hanya di Perkotaan Tapi Sudah Masuk ke Desa

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan,virus HIV termasuk permasalahan yang sangat menghawatirkan ditingkat nasional termasuk di Kabupaten Ciamis, disamping belum ada obatnya juga yang lebih parahnya adalah dapat menular.


Hal itu dikatakannya saat acara pertemuan Stakeholder Promosi bulan tes HIV pada ibu hamil Kabupaten Ciamis tahun 2020 di Gedung PKK Kabupaten Ciamis. Selasa (17/11/2020).


"Kita sangat khawatir ketika mendengar yang terkena HIV ini tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak pun banyak yang sudah terkena, hal inilah yang menjadi keprihatinan bagi kita semua," ungkapnya.


Herdiat menuturkan, salah satu metode yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pendekatan dan edukasi terhadap para generasi muda tentang bahaya seks bebas.


"Jangan ragu memberikan edukasi kepada kepada anak dan keluarga kita. Terkadang kita sering beranggapan bahwa berbicara masalah seks pada anak-anak adalah hal yang tabu tapi kenyatannya tidak seperti itu."ucapnya.


"Salah satu metodenya yaitu dengan melalui pendekatan dan memberikan edukasi mengenai bahaya seks bebas pada anak-anak kita, tentunya Kita tidak mengharapkan anak-anak kita terjebak dalam pergaulan bebas," jelasnya.


Ia menambahkan, kasus-kasus LBGT sekarang tidak hanya ada di kota-kota besar saja, akan tetapi sudah masuk ke kampung-kampung.


Di sisi lain Herdiat mengatakan, masalah HIV AIDS adalah tanggung jawab bersama para stakeholder, sesuai dengan visi misi Kabupaten Ciamis yakni mewujudkan masyarakat yang sehat lahir dan batin.


Dia berharap semua pihak kompak, bekerjasama dan bahu membahu memberikan edukasi kepada masyarakat, sebagai upaya menyelamatkan bangsa.


"Tidak hanya dalam bentuk pendidikan formal saja, kita juga mempunyai tanggung jawab memberikan edukasi pada masyarakat, paling tidak kita bisa mengerem virus HIV di Ciamis, sebagai salah satu upaya menyelamatkan bangsa kita," ucapnya.


Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr. Yoyo dalam kesempatan tersebut memaparkan, tercatat sebanyak 95 temuan kasus HIV/AIDS dalam satu tahun di tahun 2019 di Kabupaten Ciamis.


Sedangkan di Tahun 2020 sampai bulan Oktober 2020, kata dia, telah ditemukan kasus HIV sebanyak 51 kasus. Jelasnya


" Untuk total jumlah kasus HIV di Kabupaten Ciamis, sejak tahun 2001-2020 bulan Oktober yakni sebanyak 562 kasus HIV, 305 diantaranya sudah dalam fase AIDS," Terang dr. Yoyo.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini