KPU Karawang Ajak Lembaga Pemantau Pilkada Ikut Kawal Setiap Tahapan inijabar.com
|
Menu Close Menu

KPU Karawang Ajak Lembaga Pemantau Pilkada Ikut Kawal Setiap Tahapan

Jumat, 20 November 2020 | 07.57 WIB




inijabar.com, Karawang- Di acara Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Karawang, Kamis malam (20/11/20) di Britz Hotel Karawang, Ikmal Maulana sebagai Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia,  menjelaskan, Bimtek Pemantau Pilkada  (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Karawang ini merupakan kegiatan untuk mengawal bersama Pilkada Kabupaten Karawang 2020.


Adapun pesrta yang hadir di acara ini selain Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Idham Kholik, Ketua Kabupaten Karawang  Miftah Faried juga beberapa pihak tim pemantau independen yakni diantaranya, KIPP, DIP, dan Pelita Sayap Putih.


Ikmal menambahkan, acara ini juga di latar belakangi sebagai penyamaan persepsi baik KPU juga Pemantau memiliki peran yang sama untuk mensukseskan Pilkada tahun ini.


"Para tim pemantau ini bisa menyampaikan semua masukan dan sarannya kepada KPU untuk menyempurnakan setiap tahapan yang dilaksanakan,"tutur Ikmal. Kamis (19/11/2020).


Ikmal juga menyampaikan ada 3 materi yang disampaikan, yang pertama berkaitan dengan peran strategis pemantau dalam pemilihan yang berintegritas, mengawal bersama tahapan Pilkada 2020, serta pengarahan dari  komisioner, ketua KPU serta Divisi sosialisasi menyampaikan peran dan fungsi para pemantau scara teknis di lapangan juga tugas dan kewajiban mereka selama proses pemantauan.


"Perbedaannya tim pemantau ini dengan pengawas (Bawaslu), pemantau ini di luar struktur formal KPU, para pemantau ini bisa memberikan saran dan kritik bukan hanya KPU, tapi juga bisa ke Bawaslu, lebih general,"ungkap Ikmal.


Ia berharap dengan adanya tim pemantau Pilkda Karawang 2020 ini bisa mengawal setiap tahapan pelaksanaannya.Pasalnya, kata dia, KPU menyadari membutuhkan lembaga lain untuk memantau pelaksanaan tahapan Pilkada ini.


"Tentunya  kami berharap dengan dilaksanakannya acara ini agar bisa melahirkan PILKADA yang lebih berintegritas, mengurangi celah - celah kecurangan, hingga melahirkan pemimpin terbaik bagi masyarakat Kabupaten Karawang,"harapnya.(pik)

Bagikan:

Komentar