Bupati Ciamis Sampaikan Pesan HAB ke 75 Kemenag Fokus Persoalan Ummat

Redaktur author photo




inijabar.com, Ciamis- Herdiat Sunarya menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama (Kemenag) yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Ciamis, Selasa (5/1/2020).


Dalam upacara tersebut, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membacakan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil menyampaikan, tema HAB ke 75 tahun ini mengusung tema kerukunan untuk memajukan dan cita besar dalam memakmurkan rakyat, terutama dalam persoalan umat tanpa mengusik  keyakinan pada setiap pemeluk agama.


"Terlebih di negara NKRI ini umat dituntut untuk saling menghargai hak-hak orang lain. Ini sesuai dengan sila pertamanya Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa,"jelasnya.


Ditambahkan Bupati, melalui semangat Menteri Agama baru maka mesti dikelola semangat baru dalam urusan haji dan umrah. Serta moderasi lewat literasi agama dalam merawat persaudaraan seagama lewat pemgembangan  persaudaran kebangsaan.  


"Itu semua dapat dicapai lewat keutamaan dalam kebersamaan,"ujarnya.


Dalam momen peringatan ke 75 HAB itu, Kantor Kemenag Ciamis menyerahkan penyematan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya XXX tahun, XX tahun dan X tahun kepada Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ciamis.


Selain itu dilakukan pula penyerahan 420 sertifikat tanah wakaf secara simbolis kepada pengelola tanah wakaf. Sertifikat tanah wakaf tersebut merupakan kerjasama dengan program PTSL Kementerian Agama dengan BPN Ciamis, 150 sertifikat diantaranya telah diterbitkan dan 270 diantaranya sedang dalam proses.


Kantor Kemenag Ciamis juga menyerahkan bantuan kacamata untuk siswa dari BRI Cabang Ciamis yang diberikan secara simbolis kepada pelajar yang hadir pada acara HAB ke 75 tersebut.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini