PMII Ciamis Serahkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan pada Bupati inijabar.com
|
Menu Close Menu

PMII Ciamis Serahkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan pada Bupati

Senin, 19 Juli 2021 | 16.52 WIB




inijabar.com, Ciamis- PMII Ciamis membagikan kantong plastik ramah lingkungan (Ramling) sebanyak 100 pack ke beberapa DKM-DKM di daerah Ciamis pada hari Sabtu  (17/7/2021),  dengan harapan agar saat panitia kurban membagikan daging kurban kepada masyarakatnya, sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek), tetapi menggunanakan kantong plastik yang ramah lingkungan. 


Irsal selaku ketua PC PMII Ciamis menyampaikan, bahwasannya kantong plastik yang telah PMII bagikan bukan sekedar plastik biasa, tetapi ini plastik yang ramah lingkungan dengan teknologi Oxium melalui 3 tahap tier, yakni Oksidasi-Biodegradasi-Ekotoksisitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja.


"Ketika sampah (plastik) berada di lingkungan/sudah dibuang, mereka tidak bisa cepat membusuk seperti bahan alami. Tentu dengan kehadiran sampah plastik ini merupakan ancaman bagi lingkungan kita semua yang harus kita perhatikan. Karena permasalahan sampah (plastik) itu berada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengurainya harus lama hingga ratusan tahun,"ujarnya.


"Dengan adanya Peraturan Bupati ini, kedepannya persolan-persoalan sampah khususnya sampah plastik yang ada di ciamis bisa terselesaikan dengan tuntas dan lingkungan bisa terjaga," tambahnya. 


Irsal juga mengajak kepada seluruh stake holder dan masyarakat di ciamis, untuk mari bersama-sama menumbuhkan kesadaran, menjaga lingkungan, dengan memulai menggunakan plastik yang ramah lingkungan, jangan menggunakan plastik biasa karena itu akan berdampak pada lingkungan.


"Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita, jangan sampai masyarakat abai akan persoalan ini, kesadaran bersama akan menjadi penentu bagaimana kita menjaga alam dan se-isinya" pungkasnya. 


PMII Ciamis menyerahkan secara simbolis Kantong Plastik Ramah Lingkungan (Ramling) ini kepada Bupati Ciamis H. herdiat Sunarya.


Herdiat menyampaikan, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PMII Ciamis, yang mana sudah bisa menginisiasi dan menginovasi untuk membagikan kantong plastik untuk kurban yang ramah lingkungan ini.


"Berbeda dengan kantong kresek yang seperti biasa, kalau kresek yang biasa bisa hancur dengan waktu yang lama, tetapi kalau kantong kresek ramah lingkungan ini bisa hancur 2 sampai 4 saja, menyatu dengan tanah dan zat-zat yang lainnya,"ungkap Herdiat. (edo)

Bagikan:

Komentar