Pandemi Landai, Pemkot Bogor Siapkan Acara HUT ke 540 Sebulan Penuh inijabar.com
|
Menu Close Menu

Pandemi Landai, Pemkot Bogor Siapkan Acara HUT ke 540 Sebulan Penuh

Rabu, 01 Juni 2022 | 05.41 WIB





inijabar.com, Kota Bogor- Hari Jadi Kota Bogor (HJB) 2022 ke 540 tahun yang jatuh hari Jumat, 3 Juni 2022.  Pemerintah Kota Bogor pun sudah mempersiapkan sejumlah acara, mulai dari kegiatan helaran festival budaya hingga pentas musik.


Helaran adalah pengertian lain dari arak–arakan yaitu semacam kegiatan perayaan publik yang berjalan beriring–iringan dalam suasana gembira, memperagakan baju yang dihias menarik dan khas, mempertontonkan gerakan semacam tarian atau membawa usungan obyek tertentu.


Selain itu agenda sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Bogor dan helaran festival budaya yang dilaksanakan pada 3 Juni atau bertepatan pada Hari Jadi Bogor ke-540 di Alun-Alun Kota Bogor. 


Bukan hanya itu, namun ada banyak agenda menarik yang telah disiapkan selama satu bulan penuh. Mulai dari kegiatan kebudayaan, pameran UMKM, gowel Bogor, hingga mengundang sederet artis dan band dari Jakarta. 


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Atep Budiman melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud, Ara Wiraswara mengatakan, rangkaian kegiatan menyambut HJB-ke540, masuk dalam calendar of event Kota Bogor 2022.


Menurut Ara, kegiatan dimulai oleh Festival Hari Jadi Bogor ke-540 yang dimulai sejak Sabtu (28/5) hingga (26/6/2022) yang berlangsung di Lapangan Bola Marzuki Mahdi Cilendek, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.     Kemudian, bazar UMKM yang diselenggarakan sejak Jumat (3-4/6/2022) di Jalan Nyi Raja Permas. 


“Dihari yang sama juga kami melaksanakan helaran seni budaya yang dipusatkan di Balaikota, Alun-Alun Kota dan Mesjid Agung Bogor,” ungkapnya. 


Lalu, even berikutnya adalah Gepang Loop pada 4 Juni. Gepang bagi para pesepeda mungkin sudah sangat akrab ditelinga karena sudah sering dilakukan para pesepeda.  Event tahunan bagi para pesepeda yakni Gepang Loop, merupakan perjalanan menaklukkan Gunung Gede Pangrango yang diinisiasi Xplore Bogor, dengan titiknya Boxies 123 Mall.


“Kegitan lainnya adalah, SV IPB Culture Week, Ciliwung Couple Ride, dan Zero to Zero,” imbuhnya.


Ara menambahkan, ada even yang masyarakat Kota Bogor tak boleh ketinggalan yakni even Swaraya. Selama dua hari yakni 25 hingga 26 Juni 2022, akan ada semacam konser musik dari artis Tanah Air, mulai dari Raisa, Kunto Aji, RAN, hingga Maliq & D’Essentials. 


“Untuk 26 Juni 2022 nanti, ada Tulus, Yura, Fortwenty, dan masih banyak lagi. Kegiatanya di Pusatkan di Kebun Raya Bogor,” tukasnya,” terangnya.


Sebelumnya, Helaran atau Festival Budaya sebagai acara puncak Hari Jadi Bogor (HJB) ke-540 kembali digelar, setelah dua tahun sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19. Helaran yang akan dilakukan pada 3 Juni 2022 nanti, akan dipusatkan di Alun-alun Kota Bogor.


Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, helaran HJB ke-540 akan ada suguhan berbagai atraksi kesenian dari sanggar-sanggar yang ada di Kota Bogor. Kegiatan helaran ini dilakukan setelah dua tahun sempat vakum karena pandemi Covid-19. “HJB nanti (3 Juni 2022) dipusatkan di Alun-alun Kota Bogor,” kata Walikota Bima Arya.


Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asperbang) Setda Kota Bogor, Dody Ahdiat menjelaskan, saat ini persiapan helaran HJB ke-540, terus dimatangkan. Ia menjelaskan, ada dua opsi yang masih disiapkan, pertama rangkaian acara akan dimulai di halaman Balaikota Bogor, pada Jumat pukul 15.30 WIB.


Wali Kota Bogor Bima Arya dan unsur Muspida akan melakukan pawai dari Balai Kota, melalui Jalan Ir. h Juanda menuju Jalan Kapten Muslihat, dan titik finish berada di depan Alun-alun Kota Bogor.


“Opsi dua, Wali Kota nantinya hanya jalan di sekitaran pedestrian Alun-alun saja,” kata Dody, saat ditemui di Balai Kota Bogor, Senin (23/5/2022).



Pemkot Bogor mulanya berencana membuat acara helaran dengan melakukan pawai, seperti yang pernah dilakukan sebelum pandemi. Namun, kerena pertimbangan lainnya, kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


“Kita tetap ingin meriah, namun mengutamakan prokes,” ucap pria yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia HJB-540.


Dody juga menambahkan, selain atraksi kesenian juga panitia HJB menyiapkan produk UMKM di Jalan Nyi Raja Permas dengan berbagai jajanan yang dapat masyarakat pilih.


“Kegiatan puncaknya bada Ashar, pukul 03.30, hingga pulul 18.00 WIB. Kita seting juga untuk layar tancap, tapi lagi cari vendor, dan film yang bisa ditonton publik,” ucapnya.


Dody yang juga mantan Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bogor itu juga mengungkapkan, Wali Kota BogorBima Arya akan membagikan KTP bagi warga yang berulang tahun bertepatan pada HJB ke-540.


 “Sejak pagi, sebelum rapat paripurna, dengan Muspida, Camat, dan OPD menyampaikan KTP yang lahir pada 3 Juni dan menginjak usia 17 tahun,” imbuhnya.


Dody mengajak masyarakat Kota Bogor untuk memeriahkan dan datang ke Alun-alun Kota Bogor untuk menyaksikan acara helaran HJB.


“Untuk tema HJB-540, pak wali menginginkan ada kebangkitan ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat. Sedang disiapkan,”tandasnya.

Bagikan:

Komentar