Universitas Bina Sarana Informatika Upgrade Skill IT TPQ Al Akbar

Redaktur author photo




Inijabar.com, Jakarta - Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta, menggelar pelatihan komputer pengenalan dasar Ms.Word 2016 untuk pengurus dan staf pengajar TPQ Al Akbar, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 


Ketua Pelaksana, Baginda Oloan Lubis, M.Kom yang juga dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.


"Kegiatan ini sebagai bentuk Tridharma perguruan tinggi sekaligus pengabdian kepada masyarakat," terangnya.


Dikatakannya, kegiatan pelatihan kali ini sebagai upaya membantu para pengurus dan staf pengajar TPQ Al Akbar dalam memperkenalkan program Ms. Word 2016 agar nantinya dapat bisa dipergunakan dalam kegiatan kerjanya. 


"Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebelum pelatihan dimulai. Praktek pelatihan menggunakan program Ms.Word 2016, karena program ini lebih banyak digunakan oleh setiap orang untuk kegiatan kerja sehari-hari," ungkapnya.


Lebih lanjut dirinya juga memaparkan, dimulai dari pengenalan Microsoft Word 2016 dan cara membuka program Microsoft Word 2016, mulai dari Sistem Operasi Windows 10, selanjutnya peserta diberikan pengetahuan untuk mengenal bagian-bagian di dalam Microsoft Word 2016.


Para peserta pelatihan juga diperkenalkan cara mengatur tipografi, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, menentukan format kertas, menentukan format teks, menentukan format paragraf, membuat daftar berurut dan daftar bersimbol, membuat kolom koran, menyisipkan gambar, pengaturan gambar, membuat tabel serta rumus dan cara membuat mail merge.


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang pada pelaksanaanya dibantu oleh dosen lain, diantaranya Ibu Firstianty Wahyuhening Fibriany, S.TP, MM, Bapak Eri Riana, ST. M. Kom, Bapak Ahmad Rafik, S.E, MM, juga melibatkan tiga mahasiswa, yaitu Galung Nugraha, Muhammad Daniel Nurindra dan Farhana. 


"Kegiatan PM ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi mereka, khususnya di bidang pengetahuan dalam menggunakan teknologi," jelasnya.


Ketertarikan peserta pada materi pengenalan Microsoft Word 2016 ini patut diapresiasi. Mereka menunjukkan perhatian pada materi yang disampaikan oleh tutor. 


"Mereka juga mendengarkan dan mencatat hal-hal yang belum tertera di dalam modul pelatihan pengenalan Microsoft Word 2016. Untuk memastikan pemahaman peserta atas materi yang disampaikan, moderator memberikan pertanyaan dan kuis. Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik. Sebagai apresiasi atas jawaban peserta, tim memberikan cendera mata bagi peserta tersebut," pungkasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini