Bantu Siswa Kurang Mampu, Sekolah Ananda Bekasi Terapkan Subsidi Silang

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, terutama siswa yang kurang mampu, Sekolah Ananda Bekasi terapkan subsidi silang.


Dari penuturan Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Bekasi, Ronny Hermawan, sebagai yayasan yang menaungi Sekolah Ananda Bekasi, pihaknya saat ini menerapkan sistem subsidi silang yang diperuntukan siswa yang tidak mampu melalui program berupa Anak Harus Sekolah (AHS).


"Kami melakukan subsidi silang yang khusus diperuntukan bagi siswa tidak mampu yang kemudian digelontorkan melalui program Anak Harus Sekolah (AHY)," tutur Ronny saat dihubungi via sambungan telepon, Jumat (23/9/2022).


Ia menjelaskan, AHS ini juga diwujudkan melalui Celengan Kasih yang ditaruh didalam kelas, kantor hingga yayasan. Melalui celengan ini, nantinya para siswa, orang tua hingga sekolah serta yayasan bisa menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu siswa tersebut.


"Kami wujudkan melalui Celengan Kasih dan dana yang terkumpul disalurkan atau disubsidi kepada mereka yang berhak menerimanya dan ada tim khusus yang mengawasi AHS ini agar tidak salah sasaran," katanya.


"Dengan adanya celengan-celengan tersebut, kami juga ingin membentuk rasa kepedulian siswa terhadap sesama yang membutuhkan," tambahnya.


Ronny mengakui, melalui program AHS ini, bantuan yang diberikan dalam bentuk sejumlah uang disesuaikan dengan hasil survei yang dilakukan oleh tim.


Meskipun bersifat subsidi, Ronny berharap, agar mereka yang mendapatkan bantuan ini, juga bisa membantu dirinya dengan menunjukan rasa dan sikap tanggungjawabnya saat masuk ke Sekolah Ananda Bekasi tersebut dengan menyelesaikan juga kewajibannya terhadap sekolah sesuai dengan kesepakatan diawal masuk ke sekolah.


"Jadi, kami berharap mereka yang mendapatkan bantuan subsidi ini, juga membantu dirinya untuk menyelesaikan kewajibannya seperti perjanjian dan kesepakatan saat masuk ke sekolah. Bukan ujung-ujungnya diminta ditengah jalan, kan ada perjanjiannya, sehingga ada transparansinya," tegas Ronny.


Program AHS yang sudah diterapkan sejak 2 tahun yang lalu tersebut, sudah mensubsidi para siswa yang benar-benar membutuhkannya.


"Kegiatan sosial ini memang tidak kami publikasikan, biar berjalan secara alami. 


Sekedar informasi, dana yang terkumpul dari siswa, orang tua hingga para donatur untuk program AHS ini sebesar Rp145.894.000 juta dan bantuan beasiswa pendidikan siswa baru tahun 2022/2023 oleh Yayasan Pancaran Tridharma sebesar Rp265.350.000 juta dengan total keseluruhan dana yang terkumpul sebesar Rp411.224.000 juta.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini