BPBD Latih Warga Tanggap Bencana di Kalimalang

Redaktur author photo


BPBD Kota Bekasi latih warga penanganan bencana di  sungai samping kampus Unisma Bekasi.


Inijabar.com, Kota Bekasi - Sebagai upaya siaga kebencanaan serta penanggulangan dini kebencanaan di wilayah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi membekali warga dengan program pelatihan kebencanaan.


Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Enung Nurcholis membenarkan jika saat ini pihaknya tengah fokus membekali warga Kota Bekasi dengan kemampuan melakukan evakuasi dini serta penanganan bencana sejak dini melalui program pelatihan kepada warga secara langsung.


"BPBD Kota Bekasi fokus kepada pelatihan penanganan bencana bagi warga. Karena hal ini sebagai kesiapsiagaan warga dalam menangani bencana di wilayahnya," terang Enung saat dikonfirmasi inijabar.com, Sabtu (26/11/2022).


Enung menerangkan, program pelatihan kebencanaan bagi warga tersebut tanpa menggunakan alokasi anggaran dari APBD Kota Bekasi. Seperti yang dilakukan di Aula RW 11 Kemang Pratama dan di Kalimalang atau tepatnya didepan Universitas Unisma 45 Bekasi beberpaa waktu yang lalu.

[cut]


"Jadi, pelatihannya ini dilakukan non budgeter dan dilakukan secara swadaya dan mandiri," ujarnya.


Untuk proses pelatihannya sendiri, BPBD Kota Bekasi membekali warga dengan pengetahuan cara menggunakan perahu karet saat proses evakuasi warga yang terjebak banjir hingga kepada tatacara evakuasi warga saat musibah atau bencana alam melanda di wilayah.


"Ada beberapa pengetahuan dan teknik dasar yang kami berikan kepada warga, sehingga warga bisa tanggap darurat kebencanaan di wilayahnya," tandasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini