Proyek Rp7.3 Trilyun, Sandiago Uno Wacanakan Transportasi Kereta Gantung di Puncak Bogor

Redaktur author photo


Kawasan Puncak Bogor


inijabar.com, Jakarta- Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat akan ditata lebih modern terutama dalam hal transportasi. Wacana tersebut diungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, saat menggelar jumpa pers akhir tahun di Jakarta pada Rabu (28/12/2022).


Mantan calon Cawapres 2019 itu menuturkan, akan mendorong rencana pembangunan kereta gantung (cable car) di destinasi wisata seperti di Puncak Jawa Barat dan Rinjani Nusa Tenggara Barat (NTB).


“Kereta gantung ini dapat menjadi alternatif transportasi yang ramah lingkungan, khususnya untuk Puncak karena kemacetan di Puncak ini sudah sangat luar biasa,”ujarnya.


Kawasan puncak merupakan salah satu daerah penyangga air berdekatan dengan Kabupaten Cianjur dan Ibu Kota Jakarta.

[cut]


Sandiaga menambahkan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek menyebutkan telah melakukan kajian awal dan memberikan rekomendasi anggaran kereta otomatis dan kereta gantung itu senilai Rp 7,3 triliun. Namun, Pemerintah Daerah Bogor masih menilai dan mengkaji anggaran tersebut.


Sandiaga menjelaskan, investor dari Arab Saudi tertarik menanamkan investasi dalam pengembangan kereta gantung di Puncak pasca kunjungan kerja Menparekraf ke negara itu beberapa waktu yang lalu.


“Tentu kami mendorong agar percepatan persiapan dari kereta gantung ini bisa diwujudkan bukan hanya di Bogor, tapi juga di beberapa destinasi wisata lainnya,"tandasnya.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini