Usai Diresmikan Ridwan Kamil, Ribuan Jamaah Sholat Jumat Perdana di Masjid Al Jabar Bandung

Redaktur author photo


Ribuan jamaah ikuti sholat jumat perdana di Masjid Raya Al Jabar Bandung yang baru diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


inijabar.com, Kota Bandung- Ribuan jamaah mengikuti sholat jumat di Masjid Al Jabar bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada hari ini, Jumat (30/12/2022).


Pada pagi harinya dilakukan peresmian sedangkan untuk umum baru dibuka mulai pukul 15.30-19.00 WIB.


Pihak panitia menyiapkan tiga skema akses memasuki Masjid Al Jabbar yakni, Jalan Cimincrang, Jalan Gedebage Selatan, dan Summarecon. Panitia juga menyiapkan lokasi parkir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dengan shuttle menuju area masjid.


Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar Gunawan mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar dapat dimanfaatkan sebagai ruang edukasi keislaman. Pasalnya, masjid tersebut menawarkan fasilitas berupa museum Nabi Muhammad SAW dan taman-taman tematik.

[cut]



"Fasilitas di Masjid Al Jabbar ini yang pertama tentunya sarana beribadah, area untuk sholat. Kemudian yang kedua, area untuk pameran. Jadi kita punya museum terkait dengan perkembangan Islam, mulai dari zaman Nabi Muhammad sampai ke Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis yang dikutip Jumat (30/12/2022).


"Ada taman-taman yang memiliki tema. Contohnya, ada taman Nabi Adam, ada taman Nabi Nuh, ada taman Nabi Ibrahim, kemudian ada juga taman Nabi Yunus. Di situ menggambarkan bagaimana kisah-kisah nabi-nabi," tambahnya.


Gunawan juga menuturkan, masjid dengan kapasitas hingga 33.000 orang ini juga memiliki area untuk lanskap. Area tersebut mengelilingi masjid di luar dari embung atau retensi.


Masjid Raya Al Jabbar menjadi landmark baru untuk promosi Jabar. Pasalnya, masjid yang terletak di Gedebage tersebut juga ditujukan untuk menggelar kegiatan terkait relasi internasional.(*)



Share:
Komentar

Berita Terkini