Awug Makanan Khas Jabar, Ternyata Punya Arti Unik

Redaktur author photo


Awug, Kuliner asal Cimahi


inijabar.com, Kota Bandung- Kuliner khas Jawa Barat bernama Awug sangat populer di tatar sunda terutama di daerah Cimahi.


Makanan berbahan utama tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa, daun pandan dan gula merah.


Tak jauh beda dengan Putu, Awug sendiri memiliki bentuk yang unik dalam penyajiannya yaitu menggunakan aseupan atau benda berbentuk lancip sebagai cetakannya.


Dalam pembuatan Awug ini tak jauh berbeda dengan cara memasaknya dengan Putu dimana keduanya sama sama dikukus.

[cut]



Namun Awug sendiri merupakan makanan yang unik dan menarik jika dilihat dari bentuknya yang seperti mirip dengan nasi tumpeng karena dibuat lancip oleh tatakan atau cetakan aseupan yang berbentuk lancip.


Makanan yang bercita rasa manis ini memang sering banyak ditemukan di berbagai daerah di Jawa Barat dengan bentuk dan rasa yang tidak akan jauh beda karena bahan yang digunakannya yaitu tepung beras, pandan, gula merah dan parutan kelapa.


Biasanya Awug sendiri banyak ditemukan di pedagang kaki lima dan harganya sangat murah.


Adapun nama Awug sendiri ada yang mengatakan itu berasal dari sebuah kata ialah "Asal Wawuh Urusan Gampang". 


[cut]


Jika ke dalam bahasa Indonesia artinya " Harus Kenal Urusan Mudah".


Arti kalimat tersebut bermakna sosial yang tinggi. Dimana setiap orang memang harus saling kenal agar semua urusan jadi mudah. Namun perlu pengkajian lebih dalam untuk mengaitkan makna Awug sebagai sebuah makanan dengan harus kenal urusan mudah.Atau bisa dibikang 'ga nyambung'.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini