Bahaya Chiki Ngebul Bisa Rusak Organ Pencernaan

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi - Maraknya kasus chiki nitrogen atau chiki ngebul, sejumlah dokter minta agar hal ini bisa menjadi perhatian utama bagi orang tua. 


Menurut Komisioner Bidang Kesehatan dan Napza KPAD Kota Bekasi dr. Hadyan Rahmat, chiki ngebul mengandung nitrogen cair yang punya titik didih -197 derajat. 


"Dan ini bahaya kalau dalam konteks medis," tegasnya. Sabtu (7/1/2023).


Dijelaskannya, nitrogen cair biasanya dipakai untuk pengobatan salah satunya pengobatan pra kanker.


"Dipakainya untuk matikan sel-sel kanker dan itu efeknya salah satunya merusak jaringan kulit," paparnya.

[cut]



Ditambahkan dr.Hadyan, jika chiki ngebul ini sampai dikonsumsi, tentu sangat mungkin organ pencernaan jaringannya rusak mulai dari mulut, tenggorokan, lambung hingga usus.


"Semua organ itu bisa rusak dan kerusakannya bisa dari luka bahkan bocor. Belum lagi kalau anak yang makan chiki ngebul ini punya riwayat asma, misalnya bisa berdampak juga," jelasnya. 


Jadi untuk itu, KPAD Kota Bekasi mengimbau para orang tua, pedagang, influencer (karena hari ini zaman viralkan, dan yang buat viral ya influencer ini) agar bijak dalam hal-hal yang terkait anak.


"Dan untuk orang tua bijak dalam memberikan uang jajan, kontrol juga jajanan anak, mulai menjadi orang tua yang komunikatif dengan anak sehingga anak bukan merasa dilarang tapi sadar bahwa dia memang harus jaga kesehatan dan tidak jajan sembarangan," imbaunya. 

[cut]



Dirinya juga mengingatkan kepada para pedagang untuk bijak ketika berjualan. 


"Jangan hanya berpikir yang penting laku, kita punya tanggungjawab yang sama untuk memastikan kesehatan anak-anak karena mereka aset masa depan bangsa," tuturnya. 


"Dan bagi influencer juga harus bijak dalam kontennya. Riset lagi ketika mau bikin konten, dapatkan info yang utuh agar nantinya bisa memberikan edukasi juga kepada anak-anak kita karena jangan salah anak-anak prosentasenya besar dalam rentang umur pengakses sosial media," tandasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini