Baru Dilantik, 168 Anggota PPS Diminta Langsung Bekerja Rekrut Pantarlih

Redaktur author photo


Penandatangan petugas PPS se Kota Bekasi


inijabar.com, Kota Bekasi - Langsung kerja. Kata-kata inilah yang terucap dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, usai melantik 168 anggota PPS Kota Bekasi yang nantinya akan bertugas di 56 Kelurahan se-Kota Bekasi. 


Kepada inijabar.com, Nurul membenarkan bahwa anggota PPS yang sudah resmi dilantik pada 24 Januari 2023 di Balai Patriot Pemkot Bekasi tersebut diminta langsung bekerja dengan melakukan proses perekrutan Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih).


"Nantinya disetiap Kelurahan akan ditempatkan sebanyak 3 orang anggota PPS, dan pada 26 Januari 2023 besok, mereka harus melakukan rekrutmen Pantarlihnya. Tetapi merek sebelumnya harus mengikuti bimtek PPS se-Kota Bekasi terlebih dahulu yang akan diadakan pada tanggal 25-27 Januari 2023," ujar Nurul, Kamis (25/1/2023).


Sedangkan untuk kebutuhan Pantarlihnya sendiri, Kota Bekasi membutuhkan sebanyak 7.072 Pantarlih untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (Coklit).

[cut]


Sambung Nurul, Pantarlih sendiri baru akan dilantik pada 6 Februari sampai 15 Maret 2023 dan Coklit akan dimulai pada tanggal 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023.


"Sebanyak 7.072 Pantarlih dibutuhkan di Kota Bekasi untuk melakukan Coklitnya dan mereka akan dilantik pada 6 Februari sampai 15 Maret 2023 mendatang," jelasnya.


Nurul menekankan, agar para PPS yang baru dilantik tersebut mereka bisa memahami tugas, wewenang dan kewajiban PPS. 


"Belajar cepat bagi yang masih baru, masuk ke bidang penyelenggaraan pemilu. Komunikasi dan koordinasi dengan pemangku wilayah," imbaunya. 

[cut]


Selain itu, KPU Kota Bekasi juga akan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap anggota PPS tersebut. Hal ini dilakukan sebagai salah satu mekanisme yang harus dijalankan bilamana para anggota PPS tersebut dianggap kurang maksimal dalam menjalankan tupoksinya. 


"Ada mekanisme pengawasan dan evaluasi, jadi tidak langsung diganti begitu saja jika kinerjanya dianggap kurang maksimal," pungkasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini