Diprediksi Tahun 2023 Bisnis Kuliner Masih Banyak Diminati Pelaku UMKM

Redaktur author photo


Ketua Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Jabar 2 Yan Yan


inijabar.com, Kota Bekasi - Ketua Komunitas Tangan di Atas (TDA) Jabar 2, Yan Yan, mengatakan, bisnis kuliner menjadi jenis usaha yang paling banyak diminati oleh para pelaku UMKM sepanjang tahun 2022.


"Usaha atau bisnis kuliner paling banyak diminati oleh warga sepanjang tahun 2022," tutur Yan Yan, Sabtu (21/1/2023).


Sambung dia, dengan adanya pandemi dan penerapan PPKM oleh Pemerintah, maka para pemilik usaha melakukan inovasi dengan melakukan teknik penjualannya secara online. 


Hal ini dilakukan agar usaha kuliner yang mereka miliki bisa terus berjalan tanpa harus melanggar aturan PPKM yang ada. 

[cut]



"Usaha mereka juga tidak terlepas dari jasa penjualan onlinenya, karena masih terbentur oleh penerapan PPKM-nya pada waktu itu dan hal ini dilakukan akan usahanya tetap berjalan," katanya. 


Meskipun demikian, Yan Yan memprediksi untuk di tahun 2023 ini, bisnis serupa juga masih diminati banyak kalangan untuk menambah pundi-pundi penghasilannya. 


Menurutnya, kebanyakan di sepanjang tahun 2023, masih didominasi oleh bisnis kuliner. Karena mungkin kuliner itu termasuk kebutuhan pokok yang setiap hari orang pasti perlu. 


"Terlebih di saat itu pasca puncaknya pandemi, sehingga banyak yang pesan secara online. Dan setelah dilongggarkan orang ingin berkumpul tapi dengan suasana yang lain. Misalkan, sambil makan dan minum bareng tapi di tempat yang aman," ujarnya. 

[cut]


Selain itu, Yan Yan juga melihat bahwa bisnis kuliner biasanya juga diikuti oleh perkembangan lokasi wisata yang ada sesuatu daerah. 


"Jadi sekalian wisata jalan-jalan. Dan semoga saja resesi ekonomi yang dikhawatirkan tidak terjadi," harapnya.


Yan Yan pada kesempatan tersebut juga mengimbau, agar tetap bersemangat mengejar cita-cita mewujudkan impian. Tetapi siapkan strategi untuk bertahan dan tetap fleksibel dengan berbagai cara untuk tetap tumbuh. 


"Bisnis apa saja yang sesuai passion kita. Bisa kuliner, fashion dan lain-lain. Bisa berupa produk atau pun jasa. Temukan market yang tepat buat bisnis kita," tandasnya.(giri)

Share:
Komentar

Berita Terkini