Heboh Chiki Ngebul, Dinkes Ciamis Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan

Redaktur author photo


Dinkes Ciamis menggelar sosialisasi antisipasi keamanan makanan siswa sekolah


inijabar.com, Ciamis- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis menggelar Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Keamanan Pangan di Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dr. Eni Rochaeni di Aula Samudra Catering Ciamis. Jumat (13/1/2023)


Menurut dr.Eni Rocheni, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam mewujudkan kepedulian Pemerintah Daerah untuk melindungi masyarakat dari cemaran berbahaya baik secara fisik, biologi maupun kimia.


"Ada 3 cemaran dalam makanan, yakni fisik ketika ada kerikil, atom hekter dan cemaran biologis ada jamur hingga bakteri,"ujarnya. Sabtu (14/1/2023).


Sedangkan cemaran kimia, lanjut dia, ada zat tambahan berbahaya, seperti pada jajanan Chiki Ngebul.

[cut]



Eni pun menyebut kegiatan ini juga untuk memperkuat chemistry antara guru UKS dan duta 'sikeren hallo cinta'.


Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah memberikan edukasi dan pembinaan terhadap produsen makanan, hingga pedagang makanan. 


"Hari ini giliran konsumen untuk mendapatkan informasi bagaimana memilih bahan makanan yang aman dan sehat,"ujarnya.


Sementara itu, Asda II Setda Ciamis Aef Saefulloh yang juga hadir di acara tersebut berpesan agar pemberian komunikasi informasi dan edukasi ini dapat secara kontinyu dan lebih luas. 

[cut]



"Diharapkan dapat melakukan pengawasan, dan pendidikan terhadap pangan jajanan anak sekolah yang aman. Pendidikan pembiasaan dalam konsumsi pangan yang aman dan sehat,"harap Aef.


Acara tersebut juga diikuti oleh para pembina UKS dan terpenting kehadiran siswa juga bisa memahami dan memilah aneka makanan yang kini banyak beredar terutama pada lingkungan sekolah. (Diki)







Share:
Komentar

Berita Terkini