Mahasiswa Minta Copot Tri di Kantor PDIP dan Kemendagri, Tak Hafal Pancasila Dinilai Bikin Malu Megawati

Redaktur author photo



inijabar.com, Jakarta- Sejumlah mahasiswa dan aktifis Kita Bekasi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bekasi (Ambisi)  menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kemendagri dan kantor DPP PDI-Perjuangan, pada Selasa (28/3/2023).

Aliansi Mahasiswa Bekasi (Ambisi) menggelar aksi di Kemendagri dan kantor DPP PDIP Perjuangan.


Mereka mendesak  kedua lembaga tersebut mencopot Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dari jabatanya. Pasalnya, Tri dinilai memalukan sebagai kepala daerah tidak hafal Pancasila.


Kordinator Aksi, Christanto Manurung menyatakan, Tri bukan saja memalukan rakyat Kota Bekasi tetapi juga memalukan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Pasalnya Megawati merupakan Ketua Badan Pembina Pancasila.


"Memalukan sebagai kepala daerah dan ketua partai penguasa  tapi tidak hafal Pancasila yang merupakan dasar negara yang digagas oleh Ir.Soekarno untuk menjadi suatu landasan dasar dalam membangun negara Indonesia,"ucap Christanto.

[cut]



Sekedar diketahui Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di acara Bekasi Bersholawat, salah mengucapkan bunyi sila ke-4, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam perwakilan” ada kata “permusyawaratan” yang tidak di ucapkan oleh Tri Adhianto tersebut.


"Aksi yang kami lakukan hari ini merupakan lanjutan dari aksi 1000 lilin yang sebelumnya kami lakukan di Gor Bekasi tertanggal 19 Maret 2023,"ucapnya.


"Dalam melafalkan saja dia masih salah apalagi mengimplementasikannya,"cetus Chris.


"Kami pun menilai klarifikasi yang dilakukan  Tri Adhianto setelah dua hari kejadian tersebut tidak bersubstantif, dan seolah–olah tidak mempunyai itikad baik diawal, karena Tri Adhianto meminta maaf setelah adanya aksi 1000 lilin yang kami lakukan. Harusnya jika memang berniat meminta maaf, langsung dihari itu saja. Kenapa pas sudah ada kritikan yang masuk?,"tuturnya.

[cut]


Setelah aksi dari Kemendagri, mahasiswa langsung  menggelar aksi di kantor DPP PDI-Perjuangan.


Adapun tuntutan dari mahasiswa ialah ;


1. Meminta Mendagri untuk mengevaluasi PLT Wali Kota Bekasi Tri Adhianto agar segera dicopot dari jabatannya

2. Tegakkan/jalankan pancasila di Kota Bekasi.

3. Meminta Kemendagri untuk mengevaluasi seluruh pejabat daerah di Kota Bekasi untuk melakukan Tes Wawasan Kebangsaan/TWK

4. Meminta Mendagri untuk memecat seluruh Pejabat yang Tidak Hafal Pancasila.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini