Tetap Dilestarikan, Upacara Adat Misalin Galuh Salawe Gelaran Budaya Jelang Ramadhan

Redaktur author photo


Prosesi acara adat Misalin Galuh Salawe menjelang bulan suci ramadhan.


inijabar.com, Ciamis- Menyambut bulan suci Ramadhan kembali digelar upacara adat Misalin Galuh Salawe yang dilaksanakan di area situs Bojong Salawe desa Cimaragas kecamatan Cimaragas. Minggu (12/3/2023).

 

Acara Misalin Situs Sanghiang Cipta Permana Prabu di Galuh Salawe tahun 2023 itu dihadiri Kadis Pariwisata Budi Kurnia, didampingi Dikbud Muharam Ahmad Zajuli, Kades dan Camat Cimaragas, serta para tokoh adat, tokoh agama.


Menurut Kabid Disbudpora Ciamis Ayi Daud mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah pengabdian dari masyarakat Tatar Galuh Ciamis.


"Yang kita ziarahi salah seorang raja dan para mantan bupati. Di Tatar Galuh kan ada tiga kerajaan, yaitu Kertabumi, Kawasen, Salawe. Sedangkan prosesi Misalin ini diawali dengan kegiatan menggambar yaitu dalam istilah Bahasa Sunda Ngabewarakeun,"tuturnya.


"Dengan di awali dengan keramas anak anak di sekitar daerah lokasi Bojong Selawe. Inti nya terpenting kita sebagai warga Tatar Galuh jangan melupakan sejarah,"sambungnya.


Tradisi Misalin di Situs Sanghiang Cipta Permana yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam menyambut bulan Ramadhan menjadi daya tarik wisata di Tatar Galuh dan terus di lestarikan. (Diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini