Breaking News

Tradisi Sedekah Bumi, Budaya Warga Desa Sliyeg Jelang Musim Tanam Padi


INIJABAR.COM, Indramayu- Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Ritual sedekah bumi ini, biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani,


"Seperti yang sedang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Sliyeg Kidul, menjelang tanam padi perdana selalu mengadakan acara adat sedekah bumi dengan dihibur pagelaran pentas seni budaya Wayang Kulit, Budhi Suara dari desa Gegesik, Kabupaten Cirebon turut hadir Muspika, kecamatan Sliyeg dan seluruh staf pegawai dilingkungan kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.pada Rabu (31/10/2018).

Kades Sliyeg Kidul, Warsito menuturkan, di wilayahnya acara sedekah bumi merupakan tradisi masyarakat secara turun temurun. Kegiatan tersebut, merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi khususnya di bidang pertanian.

"Selain bentuk rasa syukur kepada Allah, juga tidak menghilangkan tradisi agar tetap eksis dilaksanakan dan dijadikan sebagai agenda rutin setiap tahun. Apalagi warga kami mayoritas petani,” ucap Kades Warsito,(Sai)


Tidak ada komentar