|
Menu Close Menu

Longsor di Cimamintin Tutup Akses Jalan Ke Sumedang

Senin, 11 Februari 2019 | 14.22 WIB

inijabar.com, Sumedang - Jalan menuju Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang, tertimbun longsor. Material longsor dari tebing setinggi 20 meteran itu menutup badan jalan sepanjang 50 meter.

Akibat material longsor menutup badan jalan membuat jalan satu-satunya menuju Cimanintin ke wilayah Jatinunggal dan Sumedang tak bisa dilalui motor dan mobil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ayi Rusmana menyebutkan lokasi tanah longsor sangat jauh dari Sumedang kota sehingga pengiriman alat berat, backhoe baru tiba Minggu (10/2) menjelang sore.

“Lokasi longsor sangat jauh dari Sumedang kota, jalan ke lokasi berkelok-kelok, kecil sehingga alat berat baru sampai ke lokasi menjelang sore,” kata Ayi melalui sambungan telepon, Minggu (10/2).

Menurutnya, longsor terjadi di blok Tanjankan Senokeling Kupel di perbatasan Desa Cipeundeuy dan Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal, Sabtu (9/2) sekitar pukul 22.30.

”Longsor terjadi akibat hujan deras yang waktunya cukup lama, tebing dari bukit longsor menutup jalan,” katanya.

Ia mengatakan kejadian sudah malam dan tak ada korban jiwa akibat bencana longsor.

 “Tidak ada korban akibat longsor. Desa Cipeundeuy dan Cimanintin memang termasuk kawasan rawan bencana tanah longsor,” kata Ayi.

Alat berat dikerahkan supaya jalur jalan satu-satunya ke Cimanintin bisa dilalui lagi. 

“Warga bergotong royong dengan alat seadanya tapi karena banyaknya material longsor dibutuhkan alat berat supaya akses jalan bisa kembali dilalui,” katanya.

Jarak Cimanintin dari Sumedang cukup jauh mencapai 75 km. Cimanintin berbatasan dengan Majalengka dan berada di lereng Gunung Jagat.

Jalan dari Cipeundeuy merupakan satu-satunya jalan menuju Cimanintin dari arah Sumedang atau Jatinunggal. Sebagian warga banyak yang memilih beraktivitas ke Majalengka yang dibatasi Sungai Cilutung. Selain dekat dengan Majalengka jalan kea rah Majalengka juga lebih bagus dibanding ke Sumedang.

Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->