|
Menu Close Menu

Nyaleg di Kab.Bandung, Tokoh Syiah Jalaludin Rahmat Gagal Ke Senayan

Rabu, 08 Mei 2019 | 09.18 WIB
Anggota DPR RI yang juga Caleg asal PDIP, Jalaludin Rahmat gagal lolos ke Senayan.
inijabar.com, Kabupaten Bandung- Calon Anggota (Caleg) DPR RI asal PDIP, Jalaludin Rahmat gagal lolos ke Senayan. Tokoh Syiah ini dari hasil Pleno Rekapitulasi di KPU Kabupaten Bandung hanya memperoleh suara 15.983.

Artinya pria yang akrab disebut kang Jalal ini gagal memperpanjang keberadaannya di gedung Senayan untuk periode 2019-2024. 

Sebagai informasi, Jalaludin Rahmat pada pertengahan 1980-an hingga 1990-an, namanya selalu dilekatkan dengan mazhab Islam Syiah, sehingga dia pernah 'diadili' oleh sebagian ulama Sunni di Bandung dan dilarang berceramah di wilayah itu, tetapi dia selalu menolak disebut penganut Syiah, saat itu.

Pria kelahiran 29 Agustus 1949 ini juga dikenal karena aktivitasnya pada kajian tasawuf - yang mampu menjaring kalangan perkotaan, serta sering disebut sebagai salah-seorang cendekiawan Muslim Indonesia terkemuka. 

Saat Almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadi Presiden Indonesia, akhirnya Jalaludin secara terbuka mengaku sebagai penganut Islam Syiah.

"Secara fikih dan akidah, saya sekarang Syiah," kata Jalaluddin Rakhmat dalam wawancara khusus dengan wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, di Jakarta, di sebuah pagi pada pertengahan Juli 2013 lalu.(*)
Bagikan:

Komentar

<---IKLAN--->
<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->