|
<< inijabar.com - berita terkini tetang informasi jawa barat >>
Menu Close Menu

Pemkab Bandung Sudah Siapkan 50 Ribu Blanko Kartu Identitas Anak

Minggu, 26 Mei 2019 | 13.58 WIB

inijabar.com, Kabupaten Bandung- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, sudah mulai melalukan pere­kaman data dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sejak April 2019 lalu. Pada tahap pertama, Disdukcapil menyi­apkan 50 ribu keping blanko.

Kepala Seksi Identitas Kepen­dudukan Disdukcapil, Asep Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya memang sedikit ter­lambat dalam pelaksanaan program KIA yang sedianya dilakukan sejak awal 2019. 

”Sebelumnya kami terpak­sa menunda program KIA karena harus fokus pada pen­cetakan KTP elektronil guna memenuhi kebutuhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu,”ujarnya, kemarin.

Menurut Asep, meski sedikit terlambat karena berbarengan dengan perekaman data dan pencetakan E-KTP jelang pelaksanaan pemilu. Sejak dimulai perekaman data dan pencetakan KIA, Antusiasme masyarakat terhadap program tersebut ternyata sangat besar, hal itu ditunjukan dengan sudah tercetaknya sekitar 600 lembar hingga saat ini.

”Telihat antusiasme seperti itu, kami akan meningkatkan target tahun depan sampai 220 ribu lembar. Untuk KIA tidak khawatir kekurangan blanko karena penyediaannya dari APBD, bukan dari pusat,” katanya.

Dia menjelaskan, pereka­man data dan pencetakan KIA bisa dilakukan di Disdukcapil maupun di kantor kecamatan. Soalnya blanko pun sudah didistribusikan sampai ke kecamatan guna mempermu­dah akses bagi masyarakat.

Selama Ramadan, Disdukca­pil juga membuka gerai laya­nan khusus dalam Bazar Ramadan di Lapangan Upa­karti Pemkab Bandung.

”Untuk memberikan pe­layanan kepada masyarakat yang hendak mencetak KIA, kami juga membuka Gerai di Ramadan Fair yang digelar di lapangan upakarti komplek pemkab Bandung. Pelayanan beroperasi pagi hingga sekitar pukul 14.00 WIB,” tuturnya.

Sama seperti di Disdukcapil dan kecamatan, di gerai terse­but pencetakan KIA pun instan. Dengan begitu masyarakat bisa datang dengan membawa persyaratan dan pulang langs­ung membawa KIA.

Asep menambahakan, ter­kait persyaratan, masyarakat hanya tinggal membawa KTP orang tua, kartu keluarga dan akta kelahiran anak mereka. Sementara untuk foto, hanya anak berusia lebih dari lima tahun yang diwajibkan.

”Untuk anak di bawah lima tahun tidak diwajibkan mem­bawa foto. Untuk anak usia lima tahun ke atas silahkan membawa pas foto ukuran 2 x 3, pencetakan KIA tersedia di semua Kecamatan se Ka­bupaten Bandung,” pungkas­nya.(*)
Bagikan:

Komentar