Bupati Purwakarta Bangga Sebanyak 2151 Awug Dapat Rekor Muri

Redaktur author photo
Bupati Purwakarta, Anne menerima rekor Muri festival Awug terbanyak.
inijabar.com, Purwakarta- Bupati Purwakarta,  Anne Ratna Mustika mengaku kagum dengan pecahnya rekor pawai awug dengan 2.151 awug. Rekor tersebut bahkan langsung tercatat sebagai jumlah awug terbanyak di Indonesia maupun dunia oleh Muslim Rekor Indonesia (MURI).


Anne Ratna Mustika mengatakan kegiatan tersebut diharapkan bisa memberi manfaat yang banyak, khususnya bagi pariwisata kabupaten Purwakarta yang berbasis kuliner maupun pariwisata yang lainnya.  "Kegiatan ini bisa meningkatkan spirit masyarakat Purwakarta, khususnya UMKM terutama yang bergelut dibidang kuliner," ujar mantan mojang 1999 tersebut.

Selain itu dalam acara tersebut mengingatkan kembali akan pentingnya pertanian yang hari ini mulai dilupakan terutama berkaitan dengan areal pesawahan, selain itu memperkenalkan khasanah citra rasa kuliner tradisional.

"Awug ini kan makanan tradisional, sampai hari ini itu masih diproses dengan cara yang tradisional belum ada alat teknologi yang bisa menggantikan proses pembuatan awug itu sendiri," jelasnya

Bukan hanya itu kegiatan tersebut sebagai bentuk keprihatinan dengan berkurangnya areal pesawahan yang sudah beralih fungsi lahan yang akan berdampak pada ketersedian pangan khususnya beras.

"Ini bagian dari untuk mengingatkan kita semua bahwa kita harus peduli terhadap mempertahankan area-area persawahan dan pertanian," jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah peserta pawai lebih 5.600 orang, tapi yang kami nilai itu jumlah tumpeng Awug yang dibawa peserta, totalnya 2.151. rekor ini tidak hanya di Indonesia, tapi dunia.
(*)
Share:
Komentar

Berita Terkini