Kuota CPNS Hanya 169 Formasi, Pendaftar di Pemkab Purwakarta Membludak

Redaktur author photo

inijabar.com, Purwakarta - Tahun ini, lowongan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau kini disebut juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Purwakarta terbuka lebar.
Kepala BKSDM Purwakarta Asep Supriatna

Warga yang didominasi anak-anak muda pun berbondong-bondong menjajal peruntungan agar bisa diterima menjadi abdi negara.

Profesi yang terkenal dengan kemapanan dan jaminan masa tua ini memang tidak pernah kehilangan pesonanya.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, mencatat setidaknya sudah ada 1.671 pendaftar yang melamar ke sejumlah formasi yang diberikan pemerintah pusat ke Kabupaten Purwakarta.

"Antusias masyarakat Purwakarta mengikuti seleksi CPNS 2019 cukup tinggi. Pendaftar paling banyak melamar ke tenaga pendidik atau guru," ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna, Senin (18/11/2019).

Ia memprediksi, jumlah tersebut merupakan angka berjalan karena pendaftaran masih dibuka hingga 24 November 2019 nanti.

"Jika pada CPNS tahun lalu pelamar semakin banyak diakhir-akhir pendaftaran," katanya.

Menurutnya, pada CPNS tahun ini sedikit berbeda jika dibandingkan CPNS 2018. Tahun ini pelamar tidak bisa melihat berapa jumlah yang sudah mendaftar ke salah satu intansi.

"Misalkan gini, kita berniat melamar ke sekolah SMP atau SD yang kita tuju, kita tidak bisa melihat berapa orang yang sudah melamar ke sekolah itu, kalau tahun lalu itu bisa dilihat," tuturnya.

Selain itu, Asep menyarankan agar calon pelamar mempersiapkan berkas yang dibutuhkan. Menurutnya, proses rekrutmen CPNS ini benar-benar bergantung pada kompetensi calon atau pelamar.

Ia juga mengimbau agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan kepala BKSDM atau oknum apapun yang mengimingi lolos CPNS.

"Kami pastikan proses rekrutmen CPNS steril dari intervensi pihak mana pun, jangan percaya dengan hal seperti itu. Hindari, apalagi ada oknum yang meminta sejumlah uang. Daftar langsung, dan ikuti prosedurnya," ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah kuota CPNS di Kabupaten Purwakarta sebanyak 169. Dengan asumsi 164 formasi tenaga pendidik atau guru sementara sisanya tenaga medis, 3 dokter umum dan 2 dokter hewan. (cep)
Share:
Komentar

Berita Terkini