|
Menu Close Menu

Diskusi 'Ngopi Sore' Bicarakan Kemerdekaan Berekspresi

Rabu, 12 Agustus 2020 | 22.00 WIB


inijabar.com, Kota Bekasi- Acara Diskusi Ngopi Sore bersama Anggota DPRD Kota Bekasi Hj Evi Mafriningsianti bersama Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi bertambah menarik dengan kehadiran Mantan Anggota DPR RI Dedy Gumelar atau yang akrab disapa bang Miing pada Selasa (12/8/2020) bertempat di Neuba Coffe yang berlokasi di Jl.Pulo Sirih Grand Galaxy Jakasetia Bekasi Selatan. 


Dihadapan pengurus IWO Kota Bekasi, Bang Miing menuturkan, bicara kebebasan berekspresi dalam jurnalistik saat ini media sudah bebas banget. 


"Kalau bicara kebebasan berkarya saat ini sudah bebas banget. Wartawan boleh menulis apa saja sepanjang bertanggung jawab terhadap karyanya kepada Tuhan nya, kepada masyarakat dan kepada dirinya sendiri,"ucapnya. 


"Kan ada slogan yang sering kita dengan setiap agustusan, Sekali Merdeka, Merdeka Sekali. Artinya ya sekali merdeka ya merdeka banget. Coba lihat masyarakat sulit membedakan sebuah karya jurnalistik atau bukan. Karena masyarakat banyak yang menulis sesuatu di media sosial yang terkadang tidak pantas dengan norma agama dan budaya,"sambung mantan personil grup lawak Bagito Grup ini. 


Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bekasi asal Fraksi PAN Hj Evi Mafriningsianti menyebut kebebasan Pers tetap harus ada etika dan norma sosial yang harus dipegang teguh oleh para jurnalis dalam berkarya. 


"Kemerdekaan yang dianut media tetap harus bertanggung jawab dan mematuhi etika dan norma sosial dan agama. Jadi bukan bebas sesukanya,"tandasnya. 


Senada dikatakan Ketua IWO Kota Bekasi, Iwan Nendi Kurniawan, bahwa kemerdekaan yang sesungguhnya bagi wartawan dalam berkarya tetap dengan kerja cerdas.


"Saya mengutip ucapan Ketua Umum IWO yang membuat tagline dalam HUT IWO ke 8 yakni berpikir tanpa batas, bekerja dengan cerdas. Ini makna sesungguhnya kemerdekaan pers itu. Jadi wartawan bebas berpikir tanpa sekat ruang dan waktu dalam berkarya. Namun tetap harus cerdas dengan mematuhi kode etik dan bertanggung jawab terhadap karyanya,"tuturnya.


Kegiatan tersebut digelar selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk memperingati HUT RI ke 75 dan HUT IWO ke 8. (meisa)

Bagikan:

Komentar