Di Acara PUI, Wabup Ciamis Ingatkan Pemuda Islam Harus Berkontribusi dalam Pembangunan

Redaktur author photo

inijabar.com, Ciamis-Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyatakan,  pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional bahkan sampai level desa tempat tinggalnya masing-masing.


Hal tersebut disampaikan Yana  saat menjadi pemateri pada Training Intisab II Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) Jawa Barat di Aula Wisma PGRI Kabupaten Ciamis, Jum’at (25/9/2020).


“Pemuda PUI harus aktif dalam perpolitikan, mandiri secara finansial dan menciptakan perubahan serta peluang baru untuk membantu mensejahterakan masyarakat,”ujarnya.


Menurut Yana, selaku pemuda yang aktif dalam pergerakan haruslah memiliki 3 skill yang mampu membantu akselerasi personal maupun organisasi. Pertama, Self Intelektual Skill (memiliki ide gagasan). Pemuda Islam dituntut untuk memiliki gagasan dan ide baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan serta memberikan solusi atas perkembangan zaman.


Kedua, sambung dia, yakni Technical Skill, sebagai leader dituntut untuk menguasai technical skill, ini diperlukan sebagai dasar penguasaan terpakai bidang yang didalami agar lebih memahami seluk beluk persoalan yang harus diselesaikan di bidang yang dikelola atau dipimpinnya.


Ketiga, kata Yana, yaitu human skill, kemampuan bersosialisasi dalam membangun human realtion dan berjejaring dengan lintas komunitas atau personal harus ditumbuhkan. Hal ini diperlukan sebagai langkah ikhtiar menyambungkan tujuan untuk saling bersama-sama mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur.


“Tantangan saat ini lebih berat dengan konsekuensi logis perkembangan zaman dan globalisasi. Oleh karena itu, kita selaku pemuda harus mampu meningkatkan skill untuk menyiapkan diri dalam persaingan global saat ini,”tutur Yana.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini