Karang Taruna Indramayu Tegaskan Sikap Netral di Pilkada 2020 inijabar.com
|
Menu Close Menu

Karang Taruna Indramayu Tegaskan Sikap Netral di Pilkada 2020

Minggu, 27 September 2020 | 11.10 WIB


inijabar.com, Indramayu - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu, menyatakan sikap untuk netral pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.  Pernyataan itu disampaikan dalam Ikrar Pernyataan Sikap menghadapi Pilkada Indramayu oleh seluruh Pengurus Kecamatan Karang Taruna se- Kabupaten Indramayu dalam acara puncak Ulang Tahun Karang Taruna ke-60 di Pantai Balongan Indah (Bali), Minggu,(26/9/2020).


“Karang Taruna Kabupaten Indramayu bersikap netral tidak mendukung salah satu calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu tahun 2020,” demikian petikan ikrar poin satu yang dibacakan seluruh pengurus Karang Taruna.


Selanjutnya, pada poin ikrar kedua, Membantu penyelenggara untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan caramengajak pemilih ke TPS. Membantu pemerintah atasi Covid-19 dengan mengkampanyekan protokol kesehatan agar tidak hanya tersosialisasikan tetapi juga dapat terinternalisasi dan terpersonalisasi oleh semua pihak (memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan).


Juga membantu atasi kesulitan masyarakat dengan bhakti sosial dan membantu program pemerintah di bidang kesejahteraan sosial serta menjadi garda terdepan dalam menangani permasalahan kesejahteraan sosial.


“Karang Taruna sejatinya tidak boleh berpolitik praktis, harus netral, karena Karang Taruna tidak kemana – mana, tapi ada dimana – mana,” kata Wasekjen DPP Karang Taruna, M. Satria dalam sambutanya di hadapan pengurus Karang Taruna Indramayu.


Menurutnya, Karang Taruna secara kelembagaan harus dapat membantu penyelenggaraan Pilkada Indramayu melalui upaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih, karena menurutnya, Karang Taruna sudah banyak yang menjadi bagian dari penyelenggara pemilu seperti sebagai KPPS, PPS, PPK dan lainnya.


“Bersatu dalam kesetiakawanan sosial adalah tagline HUT Karang Taruna ke-60 ini harus diimplementasikan secara nyata menghadapi Covid-19,” terang Ketua Karang Taruna Institute ini.


Sementara itu, Ketua Karang Taruna Indramayu, Syaefudin, menegaskan agar seluruh pengurus Karang Taruna dalam menghadapi Pilkada Indramayu ini harus menjadi garda terdepan dan agen perubahan dalam mensukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan.


Keikut sertaan Pilkada Indramayu nanti, untuk mendukung dan mensukseskan adalah kewajiban Karang Taruna. Oleh karenanya, ia mengintruksikan kepada seluruh jajaran untuk menjaga netralitas sebagai pengurus Karang Taruna.


“Kami tekankan kepada teman – teman menjadi poin penting, kami tekankan netralitas Karang Taruna tapi hak politik ada ditangan kalian,” terang Ketua DPRD Indramayu ini.


Menurutnya, sukses penyelenggaran Pilkada adalah sukses bagaimana peran kepemudaan dalam meningkatkan angka partisipasi pemilih pada gelaran Pilkada nanti dan harus dimiliki oleh tekad seluruh infrastruktur Karang Taruna Kabupaten Indramayu.


“Mari bersama – sama dengan unsur yang lain dalam rangka membantu Kepolisian menjaga Kamtibmas terutama mendukung Maklumat Kapolri, bersama- sama dari kita oleh kita dan untuk kita,” tuturnya.


Lima ikrar pernyataan sikap tersebut, ditanda tangani oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Syaefudin dan Wasekjen Karang Taruna, M.Satria usai pembacaan ikrar netralitas Pilkada Indramayu 2020, disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, Ketua KNPI Indramayu dan Kapolsek Balongan.(sai)

Bagikan:

Komentar