Sekretaris PPDI Ciamis Harapkan Proses Lelang Jabatan Sekda Tidak Formalitas inijabar.com
|
Menu Close Menu

Sekretaris PPDI Ciamis Harapkan Proses Lelang Jabatan Sekda Tidak Formalitas

Selasa, 29 September 2020 | 12.26 WIB


inijabar.com, Ciamis- Sekum PPDI (Persatuan Perangkat Daerah Indonesia) Kabupaten Ciamis Akhmad Himawan menegaskan, PPDI mengapresiasi langkah Bupati Ciamis atas dibukanya lelang kabatan Sekretaris Daerah (Sekda).


"Kekosongan jabatan Sekda kabupaten Ciamis pasca dicopot nya Asep Sudarman sementara hanya diisi oleh PLH, ini membuat laju pemerintahan kabupaten Ciamis dianggap oleh banyak pihak kurang optimal. Apalagi jika melihat semangat perubahan yang diusung oleh pasangan Herdiat-Yana, seharus nya ditopang dengan sosok Sekda yang definitif dan memiliki visi misi yang seirama dengan Bupati.


Meskipun PLH Sekda yang dijabat oleh Toto Marwoto tetap berjalan, tetapi secara psikologis tidak sekuat jabatan sekda definitif,"ucapnya pada inijabar.com. Selasa (29/9/2020).


Dia menjelaskan, Toto Marwoto dengan segudang pengalaman nya memang layak menjadi PLH, tetapi Ciamis butuh dirijen yang enerjik mengatur metronom pemerintahan.

Setelah keluar surat edaran Pengumuman Seleksi Terbuka Jabatan Sekda, PPDI Kabupaten Ciamis memberikan apresiasi kepada Bupati Ciamis. 


"Kami berharap, segera terpilih Sekretaris Daerah yang terbaik dan mampu mensinergikan seluruh SKPD. Kami di desa sangat menunggu sosok sekretaris daerah yang punya jiwa leadership dan wibawa, yang mampu mengkoordinasikan seluruh SKPD/Dinas, kepentingan kami di desa sederhana saja, ketika banyak program SKPD masuk ke desa dan mau tidak mau harus disukseskan juga oleh desa, maka kami ingin program program tersebut sinergis, antar SKPD jangan sampai overlap, dan yang lebih penting semua harus satu tujuan, menyukseskan VISI MISI Bupati yang tertuang dalam RPJMD Kab. Ciamis” ujar pria yang akrab disapa mas Ahim ini.


“Misal nya begini, ketika Dinas Pariwisata punya program Destinasi Wisata, maka dinas yang lain membantu menyukseskan nya, misal nya ada yang membangun infrastruktur jalan, ada yang ngurus taman dan kebersihan, ada yang konsen masalah kesehatan, ada yang konsen masalah perijinan pada lokus yang sama. Nah sinergitas ini hanya bisa terjadi jika sosok Sekda definitif nanti benar-benar punya kualitas dan wibawa.,” lanjut Mas Ahim.


Pihaknya juga berharap lelang jabatan juga bukan sekedar formalitas saja, diharapkan seleksi benar- benar terjadi dan memunculkan sosok terbaik. Ahim sedikit menyayangkan terkait kualifikasi atau persyaratan yang terlalu ketat, ini akan sulit memunculkan sosok baru dan muda, padahal di UU dan PP persyaratan tidak seketat itu. 


"Tetapi PPDI percaya, Panitia Seleksi punya pertimbangan dan alasan logis yang mendasari penentuan kwalifikasi tersebut. Semoga yang terbaik bisa muncul, tak hanya pria, sosok wanita juga cukup menarik ketika kualifikasi nya masuk,"pungkas mas AHim.(edo)

Bagikan:

Komentar