Masyarakat Antusias Ikuti Lelang Tanah Titisara Desa Bangau Dua inijabar.com
|
Menu Close Menu

Masyarakat Antusias Ikuti Lelang Tanah Titisara Desa Bangau Dua

Minggu, 04 Oktober 2020 | 21.12 WIB


inijabar.com, Kabupaten Cirebon- Pemerintah Desa (Pemdes) Bangau Dua, Kecamatan Klangenan menggelar Lelang tanah titisara tahun 2020 sebanyak 32 bidang dengan total luas 20,264 Ha, berhasil dilelangkan hingga menghasilkan uang Rp. 293.100.000, Minggu (4/10/2020). 


Sunaryo, Kasi Pemerintahan Bangau Dua mengatakan, lelang tanah titisara desa ini sudah rutin dilakukan setiap tahun, biasanya pada waktu menjelang musim tanam dan setiap tahunnya selalu ada peningkatan.


Menurut Sunaryo, ada lelang prioritas jumlahnya 3 Ha sekian yang dilelangkan umum itu 17,064 Ha. sebanyak 32 bidang dengan total luas 20,264 Ha, berhasil dilelangkan hingga menghasilkan uang mencapai Rp. 293.100.000, kalau tahun yang lalu itu 247 juta Alhamdulillah ada kenaikan sekitar 19 jutaan.


"Acara lelang tersebut dilaksanakan secara terbuka dan transparan dihadapan masyarakat, Lembaga Desa dan BPD, dan dilakukan di Kantor Balai Desa Bangau Dua," ujarnya.


Dijelaskan Sunaryo, tanah titisara desa harus dilelangkan karena merupakan Pendapatan Asli Desa (PAD) sehingga langsung di masukan ke kas Desa.


Hasil lelang ini masuk APBDes dan APBDes tahun ini pasti ada perubahan karena asumsinya tahun yang lalu 247 juta sekian untuk membuat anggaran APBDes tahun 2020. 


"Jadi otomatis akan diadakan perubahan anggaran mengikuti hasil lelang yang sekarang, mungkin dalam minggu-minggu ini pemerintah desa akan mengadakan perubahan anggaran APBDes yang dihasilkan lelang sekarang," bebernya. 


Sementara itu, Sukarya, Kuwu Desa Bangau Dua mengucapkan, banyak terima kasih kepada para peserta lelang dan muspika kecamatan Klangenan, sehingga acara lelang ini bisa berjalan dengan lancar.


"Lelang tanah titisara ini dilaksanakan dengan bebas secara umum untuk masyarakat Bangau Dua serta dilakukan secara transparan," ucapnya.


Ia berharap semua masyarakat Bangau Dua kebagian dalam lelang tanah titisara desa ini dan menikmati tanah yang sudah ada untuk khas desanya karena masyarakat Bangau Dua ini masyarakat petani. (Fii)

Bagikan:

Komentar