Bupati Subang Dampingi Ridwan Kamil Susuri Sungai Cilamaya

Redaktur author photo




inijabar.com, Subang- Bupati Subang H. Ruhimat sebelum mengikuti rangkaian kegiatan Gerakan Aksi Nyata Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilamaya di Bendungan Barugbug, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, bersama Gubernur Ridwan Kamil,  Forkopimda Jawa Barat, jajaran Dinas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, menyusuri Sungai Cilamaya untuk melakukan inspeksi DAS, Rabu (4/11/2020)


Bupati yang akrab disapa Kang Jimat ini menaiki perahu karet, tampak berdiskusi serius bersama Gubernur Jawa Barat. Sesekali Kang Jimat dan Gubernur Jabar melambaikan tangan kepada warga masyarakat yang di temui di pinggir sungai, dalam kegiatan penyusuran di Sungai Cilamaya. 


"Kami bertekad untuk turut berkontribusi untuk  mengembalikan Sungai Cilamaya menjadi sungai yang bersih,"ujar Kang Jimat. Rabu (4/11/2020).


Data yang dirilis oleh DLH Provinsi Jabar per 2020, status mutu Sungai Cilamaya adalah Tercemar Sedang akibat kerusakan lingkungan (perubahan tata guna lahan dan kerusakan lahan), limbah domestik (pencemaran limbah cair domestik dan penumpukan sampah), limbah industri (tingginya nilai BOD dan COD serta rendahnya oksigen terlarut), dan limbah peternakan seperti bangkai hewan dan limbah kotoran hewan. 


Kang Jimat bersama Gubernur Jawa Barat, setelah melakukan susur sungai  menyapa warga masyarakat yang sudah menunggu di Bendungan Barugbug, dalam kesempatan dialog tersebut, warga masyarakat menyampaikan keluhan keluhan yang ditemui karena tercemarnya  Sungai Cilamaya. (Sri)

Share:
Komentar

Berita Terkini