Bupati Ciamis Bahas RKPD 2022 Secara Virtual inijabar.com
|
Menu Close Menu

Bupati Ciamis Bahas RKPD 2022 Secara Virtual

Selasa, 12 Januari 2021 | 15.43 WIB




inijabar.com, Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2022 di ruang Videcon Setda Kabupaten Ciamis, Selasa (12/01/2021). 


FKP Ranwal RKPD Tahun 2022 ini dibuka Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Ikut hadir Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Ciamis H Tatang  para asisten, seluruh OPD, dan seluruh Kecamatan, Akademisi, Organisasi Masyarakat dan lainnya mengikuti secara virtual.


Dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan Forum Konsultasi Publik tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan untuk mengoptimalkan  pembangunan di Kabupaten Ciamis.


"Tahapan ini merupakan upaya penjaringan saran atau masukan dari instansi/ lembaga terkait maupun kelompok atau organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi dan menyempurnakan Ranwal RKPD yang telah disusun," ucap Bupati Ciamis.


Bupati Herdiat mengatakan tahun 2022 merupakan tahun ketiga bagi pemerintah Daerah dalam upaya pencapaian Visi Misi Kabupaten Ciamis yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera untuk Semua.


"Kami Berharap dengan FKP RKPD tahun 2022 ini mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat secara cermat, tepat, dan terarah sesuai dengan konsep tema RKPD tahun 2022 yakni Percepatan Pemuliham Sosial dan Ekonomi Masyarakat Menuju Pencapain Kemandirian," tandasnya.


Bupati Herdiat menuturkan setelah forum konsultasi publik tersebut sesuai dengan tahapan perencanaan yang tercantum dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 akan dilaksanakan Musrenbang RKPD di Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD DI Kabupaten.


"Mudah-mudahan semua tahapan perencanaan daerah tersebut dapat berjalan dengan tertib dan lancar, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat tatar galuh secara berkesinambungan," pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis Andang Firman melaporkan RKPD tahun 2022 merupakan tahun ke tiga pelaksanaan RPJMD tahun 2019-2024 yang mengacu pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati, RPJPD Kab. Ciamis 2005-2025, RPJMD tahun 2019-2024, prioritas dan tema RKP TAHUN 2022, serta arah kebijakan pembangunan Propinsi Jawa Barat tahun 2022.


Adapun tujuanya, dikatakan Andang untuk penyepakatan program atau kegiatan prioritas hasil analisis permasalahan dan isu strategis yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan forum konsultasi publik sebagai perbaikan dan penyempurnaan Ranwal RKPD Ciamis Tahun 2022.


Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara hasil porum konsultasi publik oleh para pimpinan sidang.

Bagikan:

Komentar