Masa Sih Sejak 2019 Nasib Bus Wisata Bantuan Pemprov Jabar Untuk Kota Bekasi Tak Jelas Pengelolaan nya

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bekasi- Mobil wisata bantuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk Kota Bekasi, nasibnya tidak jelas. Pasalnya, saat ini pantauan inijabar, kondisinya mirip mobil odong-odong, keliling tak jelas arah tujuannya.


Ironisnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat dikonfirmasi siapa yang mengelola bus tersebut, justru seperti tidak paham siapa yang mengelola bus tersebut.


"Seharusnya Disparbud (Dinas Pariwisata dan Budaya), ada satu unit (mobil.red),"jawabnya enteng.


"Seharusnya minimal untuk wisata kota. di chexk dulu,"jawabnya singkat.


Tak lama berselang Rahmat Effendi menjelaskan, unit Bus Wisata nya sampai sekarang ada di Organda (organisasi angkutan darat) Kota Bekasi.


"Iya Pak. Sepengatahuan saya 1 unit Bus wisata bantuan Propinsi Jabar ini (CSR nya BJB ) diserahkan oleh Propinsi Jabar melalui Organda Propinsi Jabar yang selanjutnya  pengelolaannya untuk Organda masing-masing Kab/Kota. Organda Kota Bekasi dapat bantuan 1 unit yang sampai sekarang belum dioperasikan,"jelasnya.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Pemkot Bekasi M.Ridwan saat dikonfirmasi menjawab, pihaknya tidak mengelola bus wisata tersebut.


"Yang jelas Parbud gak mengelola Bang. Kalau seharusnya Disparbud (yang mengelola) siap menindaklanjuti,"tegasnya.


Sementara, Ketua Organda Kota Bekasi Amat Zuaini saat dihubungi belum merespon.


Sekedar diketahui, Dinas Perhubungan Jabar akhir tahun 2019  meluncurkan 38 unit Bus Wisata dari dana APBD Provinsi Jabar kepada kabupaten/kota yang dipilih berdasarkan seleksi bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar.


Kadishub Jabar Heri Antasari mengatakan, Bus Wisata hadir sebagai salah satu program yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jabar untuk mendorong sektor pariwisata.


“Bus single decker itu rencananya diberikan kepada 27 kota/kabupaten di Jabar untuk melahirkan bintang jalanan seperti Bandros (Bandung Tour on Bus) khas Kota Bandung, sekaligus katalis bagi budaya naik transportasi massal,” katanya di Bandung, Rabu (4/9/2019).


Program Bus Wisata ini diluncurkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 23 Desember 2018 lalu. Di tahap pertama, 13 Bus Wisata dihibahkan masing-masing satu unit untuk Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, Kab. Garut, Kota Cirebon, Kab. Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta, dan Kab. Tasikmalaya.(*)



Share:
Komentar

Berita Terkini