Sekda Apresiasi Kontribusi Bank Indonesia Pada Laju Perekonomian di Ciamis

Redaktur author photo





inijabar.com, Ciamis- Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tasikmalaya, menggelar High Level Meeting (HLM) Kolaboratif se-Priangan Timur yang dilaksanakan di Hotel Tyara Plaza Ciamis, pada Senin (13/06/2022).


HLM tersebut membahas tentang kondisi ekonomi dan inflasi terkini serta tantangan dan rekomendasi kebijakan yang kontibutif untuk meminimalisir resiko inflasi dan upaya digitalisasi untuk meningkatkan indikator kesejahteraan dari masing-masing daerah.


Sekertaris Daerah, H. Tatang dalam sambutannya mengatakan, kondisi ekonomi di Kabupaten Ciamis, sebagai mana dalam RPJMD dijelaskan  bahwa IPM di Kabupaten Ciamis dari tahun ketahun mengalami peningkatan.


Akan tetapi untuk indikator prekonomian sedikit mengalami penurunan sebagai dampak dari Pandemi Covid-19.


"Bahkan bukan hanya di Kabupaten Ciamis covid-19 ini mendunia, namun alhamdulillah untuk saat ini sudah melandai,"ungkapnya.


Ia mengungkapkan, pada tahun 2021 tingkat pengangguran terbuka di kabupaten Ciamis ini terendah, bahkan  terendah ke-2 di Jawa Barat.


"Hal ini menunjukan untuk angkatan kerja banyak  terserap di pasar tenaga kerja,”ungkapnya.


Kemudian beliau menjelaskan, tingkat kemiskinan pada tahun 2015-2019 mengalami penurunan, namun pada tahun 2020-2021 mengaalami kenaikan, pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan dan semua itu berdampak karena adanya pandemi covid-19. 


“Kondisi pada saat ini perekonomian di kabupaten Ciamis mengalami penaikan dan penurunan, tentunya ini menjadi tugas  pemerintahan kabupaten Ciamis untuk terus mengawal perekonomian di kabupaten Ciamis supaya terus membaik,” tuturnya.


Tatang menuturkan, Pemerintahan Kabupaten Ciamis mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak, terkhusus Bank Indonesia yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung laju pertumbuhan ekonomi di Ciamis. 


“Semoga silaturahmi dan kolaborasi pemerintah kabupaten ciamis dengan stakeholder yang ada khususnya bank Indonesia ini semakin erat, dan lebih efektif untuk mewujudkan kemandirian ekonomi sejahtera untuk kita semua,’’pungkasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh Sekertaris Daerah Ciamis, H. Tatang, serta perwakilan para kepala daerah se-Priangan Timur, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Kepala OJK Tasikmalaya, serta perwakilan perguruan tinggi, juga para tamu undangan lainnya.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini