Bupati Garut Waspadai Sesar Garut Selatan Bisa Picu Gempa

Redaktur author photo


Bupati Garut Rudy Gunawan


inijabar.com, Garut- Bupati Garut Rudy Gunawan mengaku, pihaknya mewaspadai Sesar Garut Selatan (Garsela) diprediksi akan memicu bencana gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa terjadi. 


"Sebagai langkah antisipasi, Pemkab Garut meyiapkan mitigasi bencana di Pasirwangi dan kecamatan lain yang dilintasi sesar tersebut,"ujar Rudy. Jumat (9/12/2022).


Rudy menyatakan, untuk mitigasi di Pasirwangi pihaknya sudah menyiapkan SOP-nya. Seperti jika terjadi kebencanaan warga harus bagaimana, dan ke mana.


"Jika itu terjadi (bencana) pertama warga dianjurkan untuk segera ke ruang terbuka, ruang terbuka yang aman," ujar Rudy Gunawan.


Dijelaskan Rudy, berdasarkan hasil kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sesar Garsela membentang di delapan kecamatan. Salah satunya Kecamatan Pasirwangi yang menjadi perhatian pemerintah untuk mencegah risiko bencana.

[cut]



"Kami sudah merumuskan dalam mitigasi ketika terjadi bencana, yang berhubungan dengan gempa bumi. Semua berhati-hati, bencana ini (terjadi) mau tengah hari, mau malam hari," lanjut Rudy.


"Kami tidak mau menakut-nakuti, tapi kami melakukan mitigasi kebencanaan di semua tempat, terutama (wilayah yang) berada di Sesar Garsela,"sambungnya.


Rudy mengatakan, selama ini gempa bumi dengan skala kecil telah beberapa kali terjadi di Garut yang berdasarkan hasil kajian PVMBG gempa di Garut dari aktivitas Sesar Garsela.

[cut]



"Saya berharap ancaman bencana alam itu tidak menimbulkan risiko yang besar, untuk itu semua elemen masyarakat berdoa agar semuanya selamat dari bencana alam,"ucap Rudy. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini