Ummat Lintas Agama Di Ciamis Ini Ajak Warga Senam dan Makan Bersama Jelang Ramadan

Redaktur author photo


Di halaman Gereja Santo Yohanes Desa Ciamis Kecamatan Ciamis warga lintas agama melakukan senam dan makan bersama menjelang Ramadhan.


inijabar.com, Ciamis- Menjelang bulan ramadhan, warga kampung kerukunan desa Ciamis Kecamatan Ciamis menggelar senam bersama yang digagas oleh warga yang beragama Nasrani. Sabtu (18/3/2023) pagi.


Senam yang dilaksanakan di halaman Gereja Santo Yohanes tersebut juga diikuti warga sekitar dari lintas agama.

Rani Wijaya kordinator senam lintas agama di Desa Ciamis.


Sekedar diketahui Kampung Kerukunan berada di Lingkungan Lebak itu terdapat empat tempat ibadah yang saling berdekatan, seperti Masjid, Gereja, Klenteng dan Li Tang Konghucu.


Menurut Ketua Koordinator Senam Gereja Santo Yohanes Rani Wijaya menyatakan, acara senam sehat ini baru pertama kali digelar.

[cut]



"Hal tersebut merupakan bentuk sillaturahmi menjelang bulan suci Ramadhan,"ucap Rani.


“Kebetulan ini baru pertama kali digelar. Jika melihat antusias masyarakat mengikuti acara ini,  ke depannya Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa rutin, untuk mempererat silaturahmi,”sambungnya.


Rani membenarkan olahraga senam sehat tersebut diikuti puluhan masyarakat dari berbagai lintas agama sebagai bentuk kerukunan.


“Ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Acara senam ini untuk mempererat tali persaudaraan dan toleransi antar umat beragama, jadi tidak hanya umat Katolik saja akan tetapi agama lainnya seperti Islam dan Konghucu,” kata Rani.

[cut]



“Habis senam juga kita tadi ada maaf-maafan dan karena menjelang bulan Ramadhan dan ada juga pembagian doorprize untuk peserta senam,” tuturnya.


Setelah kegiatan, para peserta lalu membentuk seperti lingkaran dan saling bergandengan tangan, terakhir para peserta saling salaman dan maaf-maafan.


Dihari Sebelumnya, hari Jumat masyarakat di Kampung Kerukunan juga melaksanakan bersih-bersih tempat ibadah.


Di akhir kegiatan, warga makan bersama dengan sajian yang telah disediakan, hal tersebut merupakan tradisi munggahan ketika menjelang bulan suci Ramadhan.(diki)

Share:
Komentar

Berita Terkini