Pj Gubernur Sebut Penyebaran Cacar Monyet di 5 Wilayah Se Jabar

Redaktur author photo




inijabar.com, Kota Bandung- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan, hingga saat ini sudah terdapat lima kasus cacar monyet atau monkeypox di Jawa Barat dengan kasus pertama adalah di Kota Bandung terakhir di Kota Bekasi.


Bey juga mengatakan, kasus pertama yang terjadi di Kota Bandung tersebut sudah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin dan kini sudah sembuh, namun kemudian kini kasusnya bertambah lagi sehingga totalnya adalah lima kasus.


"Cacar monyet di Jabar ada lima kasus, yang satu dirawat di RSHS dan sudah keluar. Kemudian dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Bekasi, jadi masih ada empat yang masih sakit,"ucap Bey.


Pada sisi lain, ia memastikan semua rumah sakit di Jawa Barat sudah siap menerima pasien cacar monyet, dan semua yang terjangkit telah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.


"Yang penting semua rumah sakit sudah siap siaga dan tidak boleh menolak pasien cacar monyet," katanya.


Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengkonfirmasi kasus Cacar Monyet sebanyak 8 kasus suspek diantaranya 1 orang positif sedang menjalani isolasi RS. 


Dari 8 kasus suspek ini diketahui berdasarkan hasil laboratorium menunjukkan 3 pasien terkonfirmasi bergejala cacar dengan hasil lab positif. Dengan rincian sebanyak dua kasus luar Kota Bekasi dan satu kasus Kota Bekasi, dan sisanya 5 kasus negatif Kota Bekasi dirinci 2 sembuh, dan tiga orang kontak erat. 


"Satu orang positif cacar monyet di Kota Bekasi, Tn AR (L) berdasarkan status NAR (New All Record), Big data Kemenkes RI dan sedang menjalani isolasi di RS dengan status Mpox - Konfirmasi bergejala dengan hasil lab positif. Sedangkan dua orang positif menjalani isolasi di luar Kota Bekasi," ucap Kadinkes, Tanti Rohilawati dalam keterangannya kepada Humas Kota Bekasi, Selasa, (14/11/2023).


Penyakit Cacar Monyet atau (Mpox) disebabkan virus cacar monyet dan bersifat ringan dengan masa inkubasi (interval dari infeksi sampai timbulnya gejala) mpox biasanya 6–13 hari, tetapi dapat berkisar dari 5 – 21 hari.


Penularan kepada manusia terjadi melalui kontak langsung dengan orang ataupu hewan yang terinfeksi, atau melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut.(*)















Share:
Komentar

Berita Terkini