Seminar Nasional, PKHI Siapkan 1.011 Hipnoterapis Dampingi Caleg Stres Gagal di Pemilu 2024

Redaktur author photo




inijabar.com, Jakarta- Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) merayakan HUT ke 9. Hut kali ini dirayakan dengan menggelar Seminar Nasional Hipnosis yang dilaksanakan pada Sabtu 11 November 2023 di Jakarta.


Mengangkat tema Hypnosis For Indonesia Mental Health dengan menghadirkan narasumber seperti akademisi Rocky Gerung, Ketua Umum DPP PKHI Avifi Arka  dan juga hypnoterapist dr. Aisah Dahlan.



Menurut Ketua Umum PKHI Ir.Avifi Arka dalam rilisnya menyebut pada riset kesehatan dasar (Riskesda) 2018 disebutkan lebih dari 19 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional (7,8 persen) dan lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami depresi (4,8 persen).


Sedangkan dalam data indeks kesehatan mental masyarakat Indonesia tahun 2023 yang dimuat di laman World Population Review dinyatakan ada 9.162.886 kasus depresi dengan prevalensi 3.7 persen.


Selain itu, Indonesia memiliki prevalensi orang dengan gangguan jiwa 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20 persen populasi di Indonesia punya potensi masalah gangguan jiwa.


"Diperkirakan tahun 2024 problem gangguan mental akan bertambah dengan adanya Pemliu 2024. Namanya kompetisi ada menang ada kalah. Artinya perlu kesiapan mental dalam menerima hasil kompeteisi. Bahkan bisa berdampak nya bisa terkena gangguan jiwa,"tulis Avifi. Minggu (12/11/2023).


Mengantisipasi hal itu, lanjut dia, PKHI akan mengerahkan 1.011 orang hipnoterapi tersertifikasii BNSP dan memiliki ijin praktek (STPT) Dinkes/PTSP se Indonesia siap memberikan pendampingan dan layanan hipnoterapi bagi Capres/Cawapres dan Caleg yang mengalami stres. Jika perlu diberikan gratis jika si pasien sudah kehabisan uang.


"Program ini akan dimulai pada 15 Februari sampai 15 Maret 2024,"ucapnya.


Dia mengungkapkan, organisasinya selalu peduli terhadap problematik bangsa ini dengan memainkan peran dan fungsi nya.


Sekedar diketahui PKHI memiliki visi dan misi nya menjadi organisasi profesional di bidang hipnotis dan hipnoterapi di Indonesia yang bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat hipnotis serta menjadikan hipnotis sebagai profesi mulia.


Saat ini PKHI sudah menjadi mitra Kemenkes RI. Salah satu organisasi profesi yang bisa memberikan rekomendasi mengurus ijin praktek (STPT) Hipnoterapi di seluruh Indonesia.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini