SMK Cipta Karya Bekasi Bangun Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri

Redaktur author photo


Siswa SMK Cipta Karya Bekasi saat mempraktikan kemampuannya memperbaiki komponen mesin.


inijabar.com, Kota Bekasi- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cipta Karya bertekad untuk menjadi wadah pendidikan yang dipercaya, bermanfaat bagi masyarakat untuk kemajuan bangsa, serta mencetak sumber daya manusia (SDM) yang siap bekerja dengan kemampuan terampil, kompeten.


Demikian dikatakan Kepala Sekolah SMK Cipta Karya Kota Bekasi Marlia Idfi Kulsum saat dikonfirmasi terkait kegiatan di sekolah nya


"Kami juga membangun kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai salah satu Misi yang sudah menjadi tekad kami,"ucap Marlia. Jumat (10/11/2023).


Sehingga SMK Cipta Karya, kata dia, dapat melahirkan sumber daya manusia yang sukses dari sisi IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) secara profesional.


SMK Cipta Karya memiliki dua jurusan yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ). Untuk siswa TKR sekolah memfasilitasi dua kendaraan di workshop (bengkel) sekolah tempat siswa melakukan praktek sesuai jadwal pelajaran yang telah ditentukan.


"Jenis praktek yang di lakukan siswa TKR antara lain, engine stand efi 1, engine stand konvensional 1, sistem AC kendaraan, sistem kelistrikan kendaraan, sistem Sasis Kendaraan, tune up, panel kelistrikan dan sistem sasis dengan menggunakan peralatan servis standar tool,"jelas Marlia.


Senada dikatakan salah satu guru jurisan TKR, Reza menyatakan, di SMK Cipta Karya khususnya jurusan TKR semua staff pengajar produktif dan memiliki sertifikat yang diakui oleh BNSP sesuai dengan SKKNI

 

"Untuk jadwal praktek masing-masing kelas mendapat kesempatan dua kali dalam seminggu dengan menggunakan wearpack,"ucap Reza.


Sedangkan untuk Jurusan TKJ. Salah satu pengajar bernama Masep menjelaskan, siswa mempelajari tentang komputer yaitu perangkat jaringan.


"Seperti merakit komputer, menginstal komputer dan setting jaringan komputer dengan menggunakan LAN, WIFI dan FO, dapat pula dilakukan dengan setting kabel UTP dan FO, juga setting jaringan komputer dari PC ke Internet dan share Internet,"bebernya.(*)



Share:
Komentar

Berita Terkini