Usai Dilantik Sekda Jabar Janjikan Zero Stunting

Redaktur author photo
Sekda Jabar Herman Suryatman

inijabar.com, Kota Bandung- Usai dilantik Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar. Herman Suryatman menyatakan, siap bekerja optimal 24 jam tujuh hari demi kepentingan pembangunan. Senin (1/4/2024).

"Jelas dan tegas Pak (Penjabat) Gubernur meminta saya bertugas 24 jam tujuh hari untuk kepentingan Jawa Barat, dengan catatan harus bahu- membahu, harus kolaborasi berbasis kebersamaan dengan semua komponen termasuk dengan media," ujar Herman Suryatman.

Langkah pertama, kata dia, akan berkonsolidasi dengan keluarga besar Sekretariat Daerah (Setda) termasuk semua perangkat daerah di lingkup Pemda Provinsi Jabar. 

Herman juga menyoroti sejumlah isu pembangunan di Jabar, diantaranya BRT, LRT Bandung Raya, TPPAS Legoknangka, dan penataan Cekungan Bandung. Kemudian mengendalikan inflasi dan menurunkan stunting. 

Khusus stunting, Herman punya catatan. Berdasarkan survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan, prevalensi balita stunting di Jabar pada 2022 mencapai 20,2 persen, atau menempati peringkat ke- 22 secara nasional.

"Insyaallah akan kita dorong zero new stunting, tidak ada stunting baru,"janjinya.

Sementara urusan kemiskinan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat per Juli 2023, tingkat kemiskinan Jabar ada di angka 7,62 persen. Sementara persentase penduduk miskin secara nasional pada Maret 2023 sebesar 9,36 persen.

Sekedar diketahui, Herman dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 36/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Sebelum dilantik menjadi Sekda Jabar, Herman Suryatman menjabat sebagai Pj Bupati Sumedang menggantikan Bupati Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Erwan Setiawan yang masa jabatannya berakhir pada 20 September 2023. 

Setelah pelantikan tersebut, Herman Suryatman resmi menggantikan Taufig Budi Santoso, yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Sekda Jabar sejak 3 Oktober 2023.(*)

Share:
Komentar

Berita Terkini