Ini Sikap Kadisdik, Guru SMP Ini Masih Pakai Seragam ASN Daftar Calon Bupati Ciamis di PKS

Redaktur author photo

 

Guru SMPN 2 Radjasa Acep Irwan saat mendaftar menjadi calon Bupati Ciamis 2024 di kantor DPD PKS Ciamis

inijabar.com, Ciamis- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan mengomentari adanya personel di satuan pendidikan di Ciamis yang mendaftar menjadi Calon Bupati Ciamis di kantor Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Ciamis masih dengan mengenakan seragam ASN (Aparatur Sipil Negara).

Erwan menyatakan, adalah hak setiap warga negara untuk berkiprah menjadi seorang kepala daerah siapapun dia, ASN ataupun Non ASN.

"Tapi dari cara beliau (Acep) mendaftar mungkin ada beberapa hal yang beliau lupakan. Yang pertama saya juga akan mengecek, beliau itu mendaftar jam berapa. Apakah mengganggu jam belajar mengajar atau jam kerja yang bersangkutan,"ucapnya.

Selain itu, kata Erwan, Acep mendaftar masih menggunakan uniform (seragam) ASN. 

"Dikhawatirkan terjadi politisasi ASN,"kata Erwan.

Dia bakal memanggil untuk meminta penjelasana dan akan memberi tahu resiko-resiko apa yang akan diterima Acep.

"Kami akan memanggil beliau (Acep) dan akan menjelaskan resiko-resiko apa yang akan diterima beliau ketika beliau mencalonkan. Termasuk pemberhentian ketika beliau ditetapkan sebagai calon Bupati,"tuturnya.

"Mungkin saja beliau belum baca aturan-aturannya. Jika kita sudah menjelaskan dan mengingatkan semua resikonya. Maka tugas kewajiban kita untuk mengingatkan sudah dilakukan,"sambung Erwan.

Kadisdik Ciamis Erwan Darmawan

Erwan juga akan mengingatkan Acep jika memakai uniform ASN ketika mendaftar di jam kerja saat mendaftar di salah satu partai.

"Kami juga akan berkordinasi dengan BKPSDM. Apakah kekhawatiran saya politisasi ASN ini sudah melanggar netralitas ASN atau belum. Kita akan menjalankan prosedur sesuai aturan,"katanya.

Erwan menegaskan, tidak melarang Acep mau jadi Bupati, atau Caleg atau apapun sepanjang mematuhi aturan.

"Karena didiri kita melekat sebagai ASN. Sebaiknya mengambil cuti dulu atau menanggalkan uniform. Sebaiknya konsul dengan BKPSDM,"pungkasnya.

Sekedar diketahui, Acep Irwan seorang guru di SMPN 2 Rajadesa, dengan mengenakan seragam ASN nya secara resmi mendaftar sebagai bakal calon Bupati Ciamis melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ciamis pada Selasa (14/5/2024).

Acep langsung diterima oleh Nana Sutisna, Ketua Satgas Jabar Putih PKS Kabupaten Ciamis.

Acep Irwan mengungkapkan keinginannya untuk membawa perubahan positif bagi Ciamis.

"Saya merupakan keturunan ketujuh Bupati Kabupaten Galuh pertama, Rd. Tumenggung Wiradikusumah, yang makamnya berada di Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis,"ujarnya bangga.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini