Jelang Hari Jadi Ciamis ke 382, Pj Bupati Ziarah Kemakam Leluhur Tatar Galuh

Redaktur author photo


Pj Bupati Ciamis dan istri ke makam leluhur Galuh dalam rangkaian menjelang Hari Jadi Ciamis ke 382

inijabar.com, Ciamis-  Pj Bupati Ciamis Engkus sutisna beserta forkopimda laksanakan ziarah ke Makam Leluhur Galuh dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-382, Senin(10/6/2024).

Acara ziarah tersebut berjalan lancar dan terselenggara dengan khidmat, Ziarah kali ini merupakan rangkaian kegiatan pokok peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis ke-382 Tahun 2024,dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Ziarah ini sebagai upaya menghormati dan mengenang jasa para leluhur(Karuhun)yang telah berperan dalam membentuk sejarah dan identitas Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Engkus beserta Jajaran yang melaksanakan, Ziarah tersebut juga di ikuti oleh masyarakat terdekat di lingkungan makam leluhur Galuh,

Ziarah  di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814 – 1819), yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis.

Selanjutnya di Makam Rd. Adipati Adikusumah di gunung Galuh (1819 -1839), yang merupakan Bupati ke-15 bertempat di makam Gunung Galuh, Desa Imbanagara, Ciamis.

Rangkaian ziarah di makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839 – 1886), yang merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari, Selagangga, Ciamis.

Selanjutnya, ziarah  di makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914), yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis.

Kemudian ziarah ke di makam leluhur Astana Gede Kawali. Setiap ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat, doa bersama, dan tabur bunga dan para Forkopimda.(edo)

Share:
Komentar

Berita Terkini