Menguji Ketajaman Lini Depan Timnas U 23 di Pertandingan Awal Asian Games 2018

Redaktur author photo


INIJABAR.COM- Tim Nasional Usia 23 Asian Games 2018 akan memulai debut pertamanya di cabang sepak bola Asian Games 2018 pada Minggu (12/8/2018). Pelatih Timnas U-23, Luis Milla, diharapkan sudah mendapatkan opsi terbaik untuk lini depan hingga akhirnya memilih pemain naturalisasi, Alberto Goncalves, sebagai satu-satunya striker murni.

Dalam daftar 20 pemain Timnas Indonesia U-23 yang dipilih pelatih asal Spanyol tersebut untuk berkiprah di Asian Games 2018, hanya Beto Goncalves yang diplot sebagai pemain depan mengingat karakternya sebagai seorang striker murni.

Dengan hanya membawa Beto Goncalves sebagai satu-satunya striker murni yang dimiliki Indonesia, Luis Milla kemungkinan besar hanya akan menggunakan formasi 4-3-3 yang bisa dikembangkan menjadi 4-2-3-1 atau 4-4-1-1.

Seandainya Beto dalam kondisi tidak siap bermain, strategi false nine yang sempat dijajal saat PSSI Anniversary Cup bisa menjadi opsi lain Timnas Indonesia U-23.

Namun, dengan hanya mengemas delapan gol dalam sembilan pertandingan uji coba yang dijalani Timnas Indonesia U-23 selama 2018, termasuk laga uji coba kontra Bali United yang menjadi uji coba terakhir sebelum Asian Games 2018, tim asuhan Luis Milla itu memang mengandalkan pemain-pemain di luar striker untuk meraih gol.

Sebut saja Hansamu Yama Pranata dan Stefano Lilipaly yang cukup sering menjadi solusi Tim Garuda Muda untuk memecah kebuntuan. Selain itu juga ada Septian David Maulana yang kerap menjadi pemecah kebuntuan dari lini kedua.

“Sejak awal kami tidak hanya tergantung kepada satu striker untuk bisa meraih angka. Dengan mengandalkan kecepatan pemain-pemain sayap, seperti Febri Hariyadi dan Irfan Jaya, untuk melakukan penetrasi dari samping, pemain-pemain dari lini kedua bisa menjadi solusi bagi Tim Garuda Muda pada Asian Games 2018 ini.”ungkap Luis Milla.

Sementara itu, Alberto Goncalves, menjadi pemain paling senior di skuat Garuda Muda dan terkenal ketajamannya di level klub, masih dinantikan ketajamannya di Timnas Indonesia.

Pemain asal Brasil yang baru saja mendapatkan hak kewarganegaraan Indonesia itu diharapkan bisa menjadi solusi ketika menghadapi empat tim pertama yang harus dihadapi Timnas Indonesia U-23 di Grup A sepak bola Asian Games 2018 agar bisa melaju jauh hingga ke fase knockout.

Share:
Komentar

Berita Terkini