|
Menu Close Menu

Mengenal Beragam Jenis tong sampah  Dan Tips Tepat Memilihnya

Jumat, 13 September 2019 | 11.16 WIB
Salah satu tempat sampah yang multifungsi selain tempat membuang sampah juga bisa untuk advertising (iklan)

Dustbin dalam bahasa Indonesia adalah tempat sampah, dikenal sebagai salah satu jenis alat kebersihan yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan di sekitarnya. Pemandangan dari sampah yang berserakan tentunya sangat mengganggu mata siapapun yang melihatnya. Karena itulah dibutuhkan tempat sampah sebagai solusi tepat untuk membersihkan sampah yang berserakan dengan menempatkannya secara khusus. Pada dasarnya tempat sampah dibagi menjadi beberapa tempat untuk sampah yang berbeda. Sedangkan untuk membedakannya ditandai dengan penggunaan warna yang berbeda. Bagi anda yang belum mengetahuinya simaklah penjelasan berikut ini : 

1. Tempat Sampah Organik
Tempat sampah organik ditandai dengan penggunaan warna hijau pada tempat sampah tersebut. Selain itu, tempat sampah ini juga ditandai dengan tulisan organik di bagian depannya. Untuk sampah organik yang dimasukkan ke dalam tempat sampah tersebut tentunya terdiri dari sampah bekas sayuran,  daun-daun dan beragam jenis sampah organik lainnya yang kemudian akan digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos.

2. Tempat sampah non organik
Tempat sampah non organik ini ditandai dengan warna kuning serta tulisan non organik di depannya. Tempat sampah ini tentunya menampung semua jenis sampah non organik. Seperti halnya sampah dari plastik bekas makanan, botol plastik bekas minuman dan juga beragam jenis bahan sampah non organik lainnya yang dapat didaur ulang. Karena pada akhirnya sampah tersebut akan masuk ke pabrik daur ulang agar dapat dibuat sebagai benda yang berguna dan bermanfaat kembali. 

3. Tempah sampah B3
Tempat sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) ini umumnya memiliki warna merah dan juga bertuliskan B3. Sedangkan untuk isi yang dimilikinya itu sendiri umumnya terdiri dari beragam jenis sampah seperti halnya potongan kaca, sampah beling, gelas atau bahkan beberapa bungkus bekas barang berbahaya seperti deterjen ataupun obat-obatan dan lainnya. Tempat sampah ini disediakan secara khusus agar tidak membahayakan orang-orang dan siapa pun yang berada di sekitarnya. 

4. Tempat sampah khusus kertas 
Untuk jenis tempat sampah yang satu ini ditandai dengan penggunaan warna biru. Tempat sampah ini dibuat secara khusus untuk menampung beragam jenis sampah kertas agar terpisah dengan jenis sampah lainnya. Di bagian depan dari tempat sampah tersebut juga ditandai dengan tulisan kertas. Tempat sampah untuk kertas ini dibuat secara terpisah agar proses daur ulang yang akan dilakukannya kemudian dapat diproses dengan lebih mudah. 

5. Tempat sampah residu
Berbeda dengan beberapa jenis tempat sampah di bagian atas tadi. Tempat sampah yang ditandai dengan warna abu-abu ini adalah jenis tempat sampah residu yang tentunya akan menampung beragam jenis sampah yang tidak termasuk ke dalam 4 golongan sampah di bagian atas tadi. 
Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya anda sudah paham dan jauh lebih mengerti mengenai penggunaan tempat sampah dengan lebih baik. Namun selain beberapa jenis tempat sampah yang dibedakan berdasarkan fungsi yang dimilikinya melalui perbedaan warna. 

Berikut ini juga terdapat beberapa jenis tempat sampah lainnya, seperti : 

1. Tempat sampah berdasarkan ukuran 
Jika dilihat dari ukuran yang dimilikinya, tempat sampah atau dustbin tentunya dapat anda bagi menjadi 2 jenis tempat sampah berbeda, yaitu tempat sampah berukuran besar serta tempat sampah berukuran kecil. Untuk ruangan yang berukuran kecil, tentunya penggunaan tempat sampah berukuran kecil akan sangat cocok untuk digunakan. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menghindari kesan dari keberadaan sampah yang menumpuk dan berada dalam jumlah banyak, sedangkan untuk tempat sampah yang akan diletakkan di luar ruangan seperti halnya pada area lapangan olahraga, taman bermain dan lainnya, maka sebaiknya digunakan tempat sampah berukuran besar yang tentunya dapat membantu anda dalam menampung sampah dengan volume yang lebih besar. 

2. Tempat sampah berdasarkan bahan pembuatnya
Tempat sampah juga dibuat dengan beragam jenis bahan yang berbeda. Ada jenis tempat sampah yang kuat dan tahan cuaca seperti halnya tempat sampah dari bahan fiber serta stainless serta ada pula jenis tempat sampah yang mudah rusak atau membusuk seperti halnya tempat sampah dari bahan kayu. Untuk penggunaan di area luar ruangan, maka pastikanlah untuk menggunakan tempat sampah berbahan kuat. Pasalnya tempat sampah tersebut akan lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis tempat sampah lainnya. 

3. Tempat sampah dengan atau tanpa penutup 
Jenis tempat sampah selanjutnya adalah tempat sampah yang dibuat dengan bagian penutup atau pun tanpa penutup. Jenis tempat sampah tanpa penutup tentunya sangat cocok untuk ditempatkan di beberapa lokasi umum yang banyak dikunjungi, seperti halnya area dari taman bermain, toilet umum, atau bahkan lapangan olahraga. Penggunaan tempat sampah tanpa penutup tersebut juga akan memudahkan masyarakat untuk membuang sampah ke dalamnya tanpa harus direpotkan dengan membuka atau bahkan menutupnya kembali. Sedangkan untuk tempat sampah dengan penutup sangat cocok untuk ditempatkan di beberapa ruangan yang berada di dalam rumah, seperti halnya toilet pribadi atau bahkan kamar tidur. Karena selain menjaga keindahan dari tampilan di dalam ruangan tersebut. Hal ini juga dapat membantu para penghuni ruangan untuk menghindari aroma yang dihasilkan dari sampah itu tadi, sehingga ruangan tetap terjaga dengan bersih dan nyaman.

Dari penjelasan di bagian atas tadi tentunya anda dapat melihat bahwa tempat sampah itu sendiri banyak jenisnya. Bahkan beberapa diantaranya disesuaikan dengan fungsi serta memudahkan masyarakat untuk menggunakannya dengan lebih baik. Namun bagi anda yang masih bingung ketika hendak melakukan pembelian tempat sampah untuk memenuhi kebutuhan peralatan kebersihan rumah tangga, maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa tips berikut ini : 

1. Memilih tempat sampah yang sesuai dengan penempatannya, seperti tempat sampah yang akan digunakan di ruangan dapur jelas berbeda dengan tempat sampah yang akan ditempatkan di ruang tamu. 
2. Memilih tempat sampah berdasarkan bahan pembuatnya, karena seperti yang telah dijelaskan setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan tempat sampah memiliki kekuatan yang berbeda antara satu dengan lainnya. 
3. Memilih tempat sampah Berdasarkan budget yang anda miliki. Dalam hal ini pastikan untuk tidak membeli tempat sampah dengan harga tinggi, karena hal tersebut tentunya dapat menguras isi dompet yang anda miliki. 

Bagi anda yang membutuhkan tempat sampah sesuai dengan jenis serta macam-macam tempat sampah di bagian atas tadi, ada baiknya untuk melakukan pembelian di tempat yang tepat. Seperti halnya membeli tempat sampah di https://alifalatcleaning.com/tong-sampah/ yang sudah dikenal dengan kualitas terbaik yang dimilikinya. Tidak hanya itu saja, tempat tersebut juga menyediakan beragam peralatan kebersihan lainnya yang tentunya akan lebih memudahkan anda dalam menentukan pilihan dengan tepat. 

Bahkan harga yang ditawarkan olehnya pun terbilang murah, sehingga anda yang melakukan pembelian dustbin atau tempat sampah darinya dapat lebih hemat dan mudah. 



Bagikan:

Komentar

<---PASNG IKLAN--->
<---PASANG IKLAN--->